Jakarta
Oleh Ferdiansyah pada hari Kamis, 04 Jan 2018 - 05:42:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Kasus Difteri di Jakarta Bertambah, Anies Perluas Area Vaksin

74IMG_0871.JPG
Anies Baswedan (Sumber foto : Dokumen TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Sepanjang tahun 2017, jumlah kasus penyakit difteri yang ditemukan di Jakarta mencapai 109 kasus. Gubernur Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan jumlahnya meningkat, sejak 2014.

"Tahun 2014 itu empat kasus, 2015 10 kasus, 2016 17 kasus, dan 2017 melonjak menjadi 109 kasus. Jadi lompatannya cukup tinggi," ujar Anies di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (3/1/2018).

Tapi Anies meminta masyarakat jangan panik. Pemerintah dan Kementerian Kesehatan tidak tinggal diam. Berbagai upaya pencegahan, di antaranya pemberian outbreak response immunization pada anak usia di bawah 19 tahun, sedang digalakkan. Sejauh ini sudah 622 ribu anak yang diimunisasi. Targetnya 1,2 juta anak.

"Kita akan meneruskan hingga semua yang usia bawah 19 tahun tuntas," kata Anies.

Awalnya, imunisasi fokusnya Jakarta Barat dan Jakarta Utara. Sekarang diperluas ke semua wilayah di Jakarta. Bahkan sampai Kabupaten Kepulauan Seribu.

"Ini tidak perlu membuat kita panik, tapi cukup menjadi waspada. Kalau di tempat-tempat yang di sana ditemukan kasus difteri maka lingkungan harap merespon dengan cepat," kata Anies.

"Bukan saja cepat untuk menangani orang yang terinfeksi difteri, tetapi karena penularan lewat udara itu bisa berlangsung dengan cepat jadi maka anak kecil maupun orang dewasa harus segera mendatangkan faskes dan mendapatkan pelayanan vaksin sehingga bisa mencegah penularan," Anies menambahkan. (icl)

tag: #anies-baswedan  #dki-jakarta  #imunisasi  #wabah-difteri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...