Ragam
Oleh M Anwar pada hari Kamis, 18 Jan 2018 - 19:00:00 WIB
Bagikan Berita ini :

5 Khasiat Teh Hitam

42manfaat-teh-hitam.jpg
Manfaat teh hitam. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Teh merupakan minuman yang paling banyak dikonsumsi masyarakat di seluruh dunia. Bahkan, ada orang yang kecanduan teh dan tidak bisa melakukannya tanpa secangkir setiap pagi.

Sementara, teh memiliki berbagai macam jenis, antara lain teh assam, teh darjeeling, teh nilgiri, dan teh kerala. Mereka menikmati minum berbagai jenis teh seperti teh hijau, teh putih, teh olong dan teh hitam.

Khusus teh hitam, memiliki banyak manfaat. Teh hitam difermentasi dan dioksidasi yang memberi warna unik, rasa dan manfaat kesehatan. Teh hitam juga menjadi varietas teh paling populer karena mengandung manfaat kesehatan yang tak terhitung banyaknya. Ada 5 manfaat teh hitam, berikut ulasannya:

1. Menurunkan Risiko Kanker Ovarium

Teh hitam memiliki kemampuan untuk melawan beberapa jenis kanker, terutama kanker ovarium. Theaflavin adalah antioksidan polifenol yang ada dalam teh hitam yang dapat menghambat proliferasi sel kanker ovarium. Mulailah minum teh hitam untuk mengurangi risiko kanker ovarium.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Teh hitam mengandung flavonol, theaflavin dan asam gallic yang membantu meningkatkan kesehatan jantung. Ini juga membantu menurunkan kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik). Minum 3 cangkir teh hitam per hari dikatakan bisa mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

3. Menurunkan Risiko Diabetes

Diabetes adalah kelainan metabolik yang serius yang harus diobati pada tahap awal. Para ilmuwan telah menemukan bahwa minum teh hitam dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2. Itu karena katekin dan theaflavin dalam teh hitam membantu membuat tubuh lebih sensitif terhadap insulin dan mencegah disfungsi sel beta.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Teh hitam penuh dengan antioksidan yang membantu menangkal radikal oksigen bebas. Radikal oksigen ini cenderung bermutasi DNA dan menghambat fungsi sel normal. Teh hitam menghaluskan radikal oksigen sehingga membantu mengembalikan fungsi sel dan tubuh yang normal dan dengan demikian meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kekuatan tulang Anda mulai menurun, minum teh hitam setiap hari dapat secara signifikan memulihkan kepadatan tulang. Teh hitam merupakan pengganti kalsium. Ini juga bisa mengurangi risiko patah tulang dan bisa mencegah osteoporosis. (aim)

tag: #kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Advertisement
Top Up Jackcard Kamu Dengan JakOne Mobile
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Gelar Pertukaran Mahasiswa Nasional secara Daring di Saat Pandemi, Untar Raih Rekor MURI

Oleh windarto
pada hari Senin, 19 Okt 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Universitas Tarumanagara (UNTAR) meraih Penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) atas Program Pertukaran Mahasiswa Nasional (PMN) 2020 secara Daring oleh Perguruan Tinggi ...
Ragam

Putri Anies Raih Gelar Sarjana Hukum dari UI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Mutiara Annisa Baswedan, putri tertua Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berhasil menyelesaikan pendidikan strata satu Sarjana Hukum di Universitas Indonesia. Dalam ...