Ragam
Oleh M Anwar pada hari Kamis, 18 Jan 2018 - 19:00:00 WIB
Bagikan Berita ini :

5 Khasiat Teh Hitam

42manfaat-teh-hitam.jpg
Manfaat teh hitam. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Teh merupakan minuman yang paling banyak dikonsumsi masyarakat di seluruh dunia. Bahkan, ada orang yang kecanduan teh dan tidak bisa melakukannya tanpa secangkir setiap pagi.

Sementara, teh memiliki berbagai macam jenis, antara lain teh assam, teh darjeeling, teh nilgiri, dan teh kerala. Mereka menikmati minum berbagai jenis teh seperti teh hijau, teh putih, teh olong dan teh hitam.

Khusus teh hitam, memiliki banyak manfaat. Teh hitam difermentasi dan dioksidasi yang memberi warna unik, rasa dan manfaat kesehatan. Teh hitam juga menjadi varietas teh paling populer karena mengandung manfaat kesehatan yang tak terhitung banyaknya. Ada 5 manfaat teh hitam, berikut ulasannya:

1. Menurunkan Risiko Kanker Ovarium

Teh hitam memiliki kemampuan untuk melawan beberapa jenis kanker, terutama kanker ovarium. Theaflavin adalah antioksidan polifenol yang ada dalam teh hitam yang dapat menghambat proliferasi sel kanker ovarium. Mulailah minum teh hitam untuk mengurangi risiko kanker ovarium.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Teh hitam mengandung flavonol, theaflavin dan asam gallic yang membantu meningkatkan kesehatan jantung. Ini juga membantu menurunkan kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik). Minum 3 cangkir teh hitam per hari dikatakan bisa mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

3. Menurunkan Risiko Diabetes

Diabetes adalah kelainan metabolik yang serius yang harus diobati pada tahap awal. Para ilmuwan telah menemukan bahwa minum teh hitam dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2. Itu karena katekin dan theaflavin dalam teh hitam membantu membuat tubuh lebih sensitif terhadap insulin dan mencegah disfungsi sel beta.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Teh hitam penuh dengan antioksidan yang membantu menangkal radikal oksigen bebas. Radikal oksigen ini cenderung bermutasi DNA dan menghambat fungsi sel normal. Teh hitam menghaluskan radikal oksigen sehingga membantu mengembalikan fungsi sel dan tubuh yang normal dan dengan demikian meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kekuatan tulang Anda mulai menurun, minum teh hitam setiap hari dapat secara signifikan memulihkan kepadatan tulang. Teh hitam merupakan pengganti kalsium. Ini juga bisa mengurangi risiko patah tulang dan bisa mencegah osteoporosis. (aim)

tag: #kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...