Saat Flu, Cukup Istirahat di Rumah atau ke Dokter?
Oleh M Anwar pada hari Senin, 22 Jan 2018 - 08:00:00 WIB

Bagikan Berita ini :

77flu-2.jpg
Sumber foto : dok istimewa
Ilustrasi: Flu.

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Saat musim hujan, flu adalah penyakit yang paling sering ditemui. Meski relatif bukan penyakit kelas berat, flu juga dapat mengganggu aktivitas sehari-sehari.

Sebagian besar dari kita percaya bahwa obat warung dapat menyembuhkan flu dalam beberapa hari, dan kita tetap dapat beraktivitas seperti biasa. Namun, pada kondisi tertentu, jauh lebih baik untuk mengunjungi dokter. Pasalnya, tanpa penanganan yang tepat, flu dapat berujung pada penyakit yang lebih serius.

Dr Amesh Adalja, spesialis penyakit menular dan seorang ilmuwan senior di Pusat Keamanan kesehatan Johns Hopkins, mengatakan, terdapat gejala yang dapat anda perhatikan sebelum memutuskan meringkuk di rumah atau pergi ke rumah sakit.


"Bila seseorang tidak dapat bernafas dengan normal, itu pertanda flu bisa berlanjut ke pneumonia (infeksi paru-aru, red)," kata Adalja.

Virus influenza biasanya menginfeksi bagian atas saluran pernafasan, seperti bronkus atau tabung menuju paru-paru. Jika infeksi bergerak ke bawah, anda akan kesulitan bernafas dan kondisi tubuh bertambah parah lebih cepat sehingga harus mendapat perawatan yang tepat.

Selain itu, demam yang tak kunjung membaik, di atas 38,3 derajat Celcius, adalah tanda anda wajib mengunjungi dokter. Dalam kondisi seperti ini, tubuh akan merasa lelah yang signifikan. Bahkan, anda merasa tak dapat melakukan apapun selain berbaring.

Adalja berkata bahwa beberapa orang, seperti wanita hamil, pemilik transplantasi organ, atau pasien kanker yang menjalani kemoterapi, punya risiko lebih tinggi terkena pneumonia. Oleh karena itu, mereka disarankan untuk mencari perawatan tambahan jika gejala flu muncul.

Selain itu, anak usia di bawah 6 bulan, orang tua, dan pengidap asma berat juga berisiko terkena pneumonia. Penyakit ini dapat mengganggu fungsi paru-paru atau lebih parah hingga harus menggunakan ventilator.

Jika anda memutuskan berisitirahat di rumah, Adalja meminta untuk memperhatikan gejala-gejala di atas. "Pastikan anda membaik," pesan Adalja. (aim)

tag: #kesehatan  

Bagikan Berita ini :

Tanggapan Anda atas berita ini?
TSPOLING

Pembaca TeropongSenayan Yth

Dua pasangan calon (paslon) Pilpres 2019 telah mendaftar ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jakarta, Jumat (10/8/2018). Kedua paslon itu adalah Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Jokowi-Maruf didukung oleh sembilan partai. Yakni PDIP, Partai Golkar, Nasdem, Hanura, PPP, PKB, PSI,Perindo, dan PKPI. Sedangkan Prabowo-Sandiaga didukung oleh empat partai. Yakni Partai Gerindra, PAN, PKS, dan Demokrat.

Dua cawapres, yakni Maruf Amin dan Sandiaga Uno disebut-sebut turut menentukan kemenangan sang capres pada 2019 nanti. Tentu, baik Maruf maupun Sandiaga memiliki kelebihan masing-masing, yang akan diekplorasi habis-habisan guna menarik simpati pemilih.

Nah, jika pilpres dilaksanakan hari ini, siapa yang akan Anda pilih:

  • 1.Joko Widodo-Maruf Amin
  • 2.Prabowo Subianto-Sandiaga Uno
LIHAT HASIL POLING
TSTRENDING