Ragam
Oleh M Anwar pada hari Senin, 22 Jan 2018 - 08:00:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Saat Flu, Cukup Istirahat di Rumah atau ke Dokter?

77flu-2.jpg
Ilustrasi: Flu. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Saat musim hujan, flu adalah penyakit yang paling sering ditemui. Meski relatif bukan penyakit kelas berat, flu juga dapat mengganggu aktivitas sehari-sehari.

Sebagian besar dari kita percaya bahwa obat warung dapat menyembuhkan flu dalam beberapa hari, dan kita tetap dapat beraktivitas seperti biasa. Namun, pada kondisi tertentu, jauh lebih baik untuk mengunjungi dokter. Pasalnya, tanpa penanganan yang tepat, flu dapat berujung pada penyakit yang lebih serius.

Dr Amesh Adalja, spesialis penyakit menular dan seorang ilmuwan senior di Pusat Keamanan kesehatan Johns Hopkins, mengatakan, terdapat gejala yang dapat anda perhatikan sebelum memutuskan meringkuk di rumah atau pergi ke rumah sakit.


"Bila seseorang tidak dapat bernafas dengan normal, itu pertanda flu bisa berlanjut ke pneumonia (infeksi paru-aru,red)," kata Adalja.

Virus influenza biasanya menginfeksi bagian atas saluran pernafasan, seperti bronkus atau tabung menuju paru-paru. Jika infeksi bergerak ke bawah, anda akan kesulitan bernafas dan kondisi tubuh bertambah parah lebih cepat sehingga harus mendapat perawatan yang tepat.

Selain itu, demam yang tak kunjung membaik, di atas 38,3 derajat Celcius, adalah tanda anda wajib mengunjungi dokter. Dalam kondisi seperti ini, tubuh akan merasa lelah yang signifikan. Bahkan, anda merasa tak dapat melakukan apapun selain berbaring.

Adalja berkata bahwa beberapa orang, seperti wanita hamil, pemilik transplantasi organ, atau pasien kanker yang menjalani kemoterapi,punya risiko lebih tinggi terkena pneumonia. Oleh karena itu, merekadisarankan untuk mencari perawatan tambahan jika gejala flu muncul.

Selain itu, anak usia di bawah 6 bulan, orang tua, dan pengidap asma berat juga berisiko terkena pneumonia. Penyakit ini dapat mengganggu fungsi paru-paru atau lebih parah hingga harus menggunakan ventilator.

Jika anda memutuskan berisitirahat di rumah, Adalja meminta untuk memperhatikan gejala-gejala di atas. "Pastikan anda membaik," pesan Adalja. (aim)

tag: #kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...