Berita
Oleh M Anwar pada hari Selasa, 23 Jan 2018 - 04:26:53 WIB
Bagikan Berita ini :

Semarang-Jepang Jajaki Bikin Proyek Energi Listrik Matahari

27g1zoNOW8cd.jpg
Walikota Toyama Masashi Mori (kiri). (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-- Walikota Toyama Jepang,Masashi Mori (65) sedang memikirkan bantuan energi listri tenaga matahari bagi pemda Semarang saat ini, ungkapnya Senin kemarin (22/1/2018).

"Awalnya sebenarnya kerjasama kita dengan Tabanandi Bali lalu kerjasama meluas ke pemda Bali membantu berbagai hal terkait lingkungan hidup di sana," papar Mori senin siang (22/1/2018).

Walikota Mori mengaku kemudian mendapat pendekatan dari pemda Semarangdan ditindak lanjuti dengan kehadiran Walikota Semarang Hendrar Prihadi, S.E, M.M (46) ke Toyama dan melakukan kerjasama membuat Letter of Intent (LOI) dengan Walikota Toyama bidang lingkungan hidup tanggal 14 Desember tahun lalu.

"Kami sedang pikirkan bantuan untuk energi listrik dari energi terbarukan dan kemungkinan besar tenaga matahari. Tapi tampaknya sinar matahari panas sekali di sana ya. Masih diteliti lebih lanjut energi terbarukan seperti apa yang terbaik buat Semarang," paparnya lagi.

Selain dengan Indonesia, Walikota Toyama yang telah enam kali terpilih sebagai Walikota (pertama kali terpilih tahun 2002), Mori, memang memiliki banyak visi menarik dan aktif kerjasama dengan berbagai negara selain Indonesia, juga dengan Korea dan membantu Selandia Baru pula.

Dirinya menginginkan pembangunan di daerah Toyama jauh lebih maju daripada sekarang, "Pembangunan jangan terpusat di Tokyo, kiranya bisa menjalar ke Toyama ke daerah-daerah sehingga masalah besar yang ada di daerah seperti kekurangan tenaga kerja bisa tertasi dengan baik nantinya," paparnya lagi.

Diakuinya dua solusi untuk memecahkan masalah tersebut yaitu memasukan orang asing dan cara kedua mempekerjakan orang yang sudah pensiun 65 tahun tapi masih mampu bekerja diperpanjang masa kerja dan ibu-ibu dipekerjakan untuk mengisi kekosongan tenaga kerja.

Untuk tenaga kerja asing mungkin agak berat menurutnya selain bahasa dan budaya, juga perlu waktu yang mungkin agak lama untuk penyesuaian lebih lanjut sehingga pada akhirnya pilihan kedua menjadi pilihan yang terbaik untuk sementara saat ini yaitu mengaktifkan kembali para lanjut usia 65 tahun (masa pensiun) diperpanjang masa usia kerjanya serta membangkitkan tenaga kerja wanita yang tadinya hanya ibu rumah tangga saja. (aim)

tag: #jateng  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement