Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Selasa, 23 Jan 2018 - 15:01:56 WIB
Bagikan Berita ini :

Panen Raya, Bulog Siap Serap Beras Petani Yogyakarta

86bulog.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

YOGYAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Memasuki musim panen, Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional Daerah Istimewa Yogyakarta siap membeli beras petani dengan harga komersil sesuai kualitas beras.

"Pada masa panen raya nanti kami siap menerapkan pembelian dengan harga komersil," kata Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional DIY Miftahul Ulum di Yogyakarta, Selasa (23/1/2018).

Menurut Miftah, pembelian dengan harga komersil dilakukan untuk bersaing dengan tengkulak atau swasta yang berani membeli harga di atas harga pembelian pemerintah (HPP). Apalagi di kalangan petani memang ada yang sudah menjual di atas HPP.

Mengacu instruksi Presiden (Inpres) Nomor 5/2015 tentang Kebijakan Pengadaan Gabah atau Beras dan Penyaluran Beras untuk Bulog, untuk HPP beras masih ditetapkan Rp7.300 per kilogram (kg).

"Tentu beras petani yang bisa dibeli dengan harga komersial disesuaikan dengan kualitas beras yang bagus," kata dia.

Kendati belum memasuki masa panen raya yang diperkirakan berlangsung pada Februari, hingga saat ini Bulog DIY masih menyerap beras petani rata-rata 200 ton per hari.

"Meski belum banyak yang panen, kami masih menyerap beras dari petani," kata dia.

Miftah mengatakan hingga saat ini stok beras di DIY dalam kondisi aman. Stok beras yang tersimpan di Gudang Bulog Divre DIY masih mencapai 6.000 ton yang diperkirakan mencukupi kebutuhan masyarakat selama empat hingga lima bulan ke depan. (Ant/icl)

tag: #harga-pangan  #impor-beras  #impor-pangan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Sah, KPU Tetapkan Prabowo-Gibran Presiden-Wapres Terpilih 2024

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 24 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --KPU RI akhirnya resmi menetapkan, Capres-Cawapres 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden-wakil presiden terpilih Pilpres 2024. Penetapan tersebut ...
Berita

Hadiri Penetapan Presiden-Wapres Terpilih, Anies Hormati Proses Bernegara

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Paslon Capres-Cawapres 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menghadiri, acara penetapan presiden-wakil presiden pemenang Pilpres 2024. Acara tersebut, diselenggarakan di ...