Ragam
Oleh M Anwar pada hari Kamis, 25 Jan 2018 - 19:05:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Sakit Perut Sebaiknya Makan Roti Putih atau Gandum? Cek 7 Lainnya

14664xauto--7-cara-mengatasi-sakit-perut-di-pagi-hari-170112w-rev170113.jpg
Ilustrasi: Sakit perut. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Sakit perut atau saat anda merasa ingin muntah, hati-hati memilih makanan. Karena bisa membuat kondisi menjadi lebih buruk. Tapi beberapa makanan bisa memberi nutrisi yang anda butuhkan tanpa membuat anda merasa lebih buruk. Simak 7 jenis makanan ini.

1. Konsumsi cairan

Jika anda merasa tidak bisa mengkonsumsi makanan padat, tidak ada gunanya untuk memaksa makan. Hal-hal seperti minuman berenergi, kaldu bening, atau air kelapa memiliki mineral yang anda butuhkan seperti potasium, kalsium, dan sodium(garam) untuk meminimalisir rasa tidak nyaman pada perut anda.

2. Pisang

Pisang memiliki banyak kandungan potasium. Kandungan potasium adalah jenis zat yang mudah dicerna dalam pencernaan. Potasium merupakan mineral yang penting yang dibutuhkan ketika anda mulai merasakan diare atau ingin muntah.

3. Beras

Pastikan anda mengkonsumsi nasi dari beras putih. Beras yang kandungannya lebih sehat, seperti beras merah, coklat, atau hitam justru lebih sulit dicerna, terutama pada perut yang sakit. Makanan berserat dan rendah serat seperti nasi putih juga bisa membantu menghentikan diare yang umumnya terkaitdengan masalah perut.

4. Roti Panggang

Roti putih lebih baik dikonsumsi daripada roti berbahan dasar kaya serat saat anda sakit perut. Gandum utuh memiliki semacam serat yang bagus bila anda sedang tidak sakit, tapi jika sedang mengalami masalah perut justru membuatnya semakin terasa tidak enak, terutama jika anda mengalami diare atau mual.

Anda juga harus memperhatikan jenis makanan atau minuman yang anda konsumsi saat perut sedang merasa tidak sehat. Hindari lah makanan ini;

5. Produk Susu

Susu, keju, es krim dan semua produk susu tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ketika anda sedang bermasalah dengan perut. Kandungan produk susu sulit dicerna oleh tubuh anda, sebagian karena lemaknya tinggi.

6. Gorengan

Segala goreng-gorengan memiliki kandungan minyak dan lemak yang banyak, dan hal tersebut lebih sulit dicerna dalam pencernaan anda. Makanan yang digoreng pun tidak baik untuk dikonsumsi jika anda sedang dalam kondisi prima. Jadi, jika anda sedang memiliki masalah pada perut anda, gorengan bisa membuat kondisi perut lebih parah lagi.

7. Soda

Soda bisa menjadi masalah jika dikonsumsi pada perut yang sedang bermasalah, karena ini berarti kandungan gas yang ada pada soda masuk ke sistem pencernaan anda. Dan dengan kandungan gula yang ada sekaligus, bisa membuat diare anda menjadi lebih buruk. (aim)

tag: #kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Advertisement
Top Up Jackcard Kamu Dengan JakOne Mobile
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Gelar Pertukaran Mahasiswa Nasional secara Daring di Saat Pandemi, Untar Raih Rekor MURI

Oleh windarto
pada hari Senin, 19 Okt 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Universitas Tarumanagara (UNTAR) meraih Penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) atas Program Pertukaran Mahasiswa Nasional (PMN) 2020 secara Daring oleh Perguruan Tinggi ...
Ragam

Putri Anies Raih Gelar Sarjana Hukum dari UI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Mutiara Annisa Baswedan, putri tertua Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berhasil menyelesaikan pendidikan strata satu Sarjana Hukum di Universitas Indonesia. Dalam ...