Ragam
Oleh M Anwar pada hari Sabtu, 27 Jan 2018 - 19:05:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Sering Menahan Bersin Bisa Berdampak Buruk bagi Kesehatan

54vhdq9chty8i5j72y6ftb.jpg
Ilustrasi: bersin. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Bagi anda yang kerap menahan bersin harus meninggalkan kebiasaan tersebut. Parahnya, menahan bersin bisa berdampak buruk bagi tubuh manusia seperti gangguan gendang telinga atau pecahnya pembuluh darah dalam otak.

Hal itu terbukti pada seorang pria asal Leicester yang mengalami leher bengkak serta kesakitan akibat menahan bersin. "Pasien tersebut menggambarkan sensasi bermunculan di lehernya setelah dia mencoba menghentikan bersin dengan mencubit hidung dan menutup mulutnya," ungkap dokter.

Akibat menahan bersin, tekanan tersebut menyobek selaput tipis yang ada di tenggorokan. Meskipun kasus ini jarang dan tidak biasa, namun dokter menyarankan kita untuk berhati-hati.

Hasilrontgenmenemukan sejumlah udara merembes ke selaput tipis di leher pria tersebut. Pria itu juga harus dirawat seminggu dan hanya bisa makan lewat selang dalam waktu tujuh hari kedepan.

Para dokter juga menyarankan untuk melepaskan bersin dengan menutup tisu atau menutup mulut untuk menghindari penyebaran penyakit. (aim)

tag: #kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...