Berita
Oleh M Anwar pada hari Senin, 29 Jan 2018 - 12:15:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Taktik Sudirman Said Patahkan Mitos 'Jateng Kandang Banteng'

44serangan-balik-sudirman-said-usai-dikritik-sby-dan-dpr.jpg
Sudirman Said. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Bakal Calon Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said ingin mematahkan mitos politik, bahwa Jawa Tengah adalah kandang banteng, sebutan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Dia juga beranggapan mitos tersebut semakin membuat kondisi Jawa Tengah tidak kunjung berubah terutama tingkat kemiskinannya.

"Jawa Tengah harus dikembalikan pada martabatnya, yakni sebagai tempat manusia seutuhnya," kata Sudirman, di Markas Perjuangan Merah Putih, Jalan Pamularsih 95, Semarang, Minggu (28/1/2018) kemarin.

Di hadapan pemuda dari Cilacap dan relawan masjid, pasangan Ida Fauziyah tersebut mengatakan dirinya tidak nyaman dengan sebutan Jawa Tengah adalah kandang banteng. Dia pun telah memetakan kekuatan pimpinan daerah yang mendapat dukungan PDIP di Jawa Tengah di antaranya Semarang, Solo, Banyumas, Purbalingga, Brebes, dan Boyolali.

"Kekuatan itu ada batasnya. Saya sowan ke beberapa kiai, dapat pesan, Allah akan memberi pertolongan pada orang baik, sebagaimana setan akan memudahkan pekerjaan orang tidak baik," kata dia.

Menurutnya, angka kemiskinan di Jawa Tengah sangat tinggi. Akhir 2017 mencapai 13,58 persen atau 4,577 jiwa. Sebanyak 15 kabupaten masuk zona merah, artinya 20 persen penduduk di 15 kabupaten tersebut hanya mampu menghidupi dirinya dengan biaya di bawah Rp10.000 per hari.

"Tidak banyak yang tahu, bahwa selain jumlah keluarga miskin tersebut, masih terdapat 15.229.994 jiwa yang terjebak kategori belum sejahtera. Ini cukup mengkhawatirkan," katanya.

Kepada relawan yang hadir dia berpesan untuk menghadapi dan memecahkan persoalan dimulai dari sekitar, dengan jalan musyawarah dan gotong royong. Perubahan hanya bisa diraih jika dimulai dari pemimpinnya. Jika gubernurnya bermedia sosial terus, maka bawahannya juga akan melakukan hal yang sama.

"Saya tidak akan menyuarakan permusuhan, namun perubahan. Memang jalan semakin menanjak, namun kawan yang bergabung juga semakin banyak," tandasnya. (aim)

tag: #pilkada-serentak-2018  #sudirman-said  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

KPU Undang Presiden Umumkan Pemenang Pilpres 2024

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 23 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berencana mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri langsung penetapan pemenang Pilpres 2024. Rencanannya, acara tersebut ...
Berita

Kondisi Anaknya Sungguh Tragis di Tangan Mantan Suaminya, Lisa Tak Kuasa Membendung Airmata

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ini adalah suatu kisah pilu yang dituturkan oleh seorang ibu kandung bernama Lisa yang memiliki seorang putri berinsial GI, dan GI adalah putri keduanya yang telah ...