Berita
Oleh M Anwar pada hari Kamis, 01 Feb 2018 - 19:20:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Megawati Turun Gunung, Elektabilitas Gus Ipul-Puti Akan Meroket

64Megawati-Soekarno-Putri.jpg
Megawati Soekarno Putri. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo, Madura, Surokim Abdussalam, menilai, turun gunungnya Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan berdampak positif untuk menaikkan elektabilitas Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018.

"Sangat berpengaruh dan bisa menaikkan elektabilitas," kata Surokim, Rabu (31/1/2018).

Dia mengatakan, kedatangan Megawati akan menyolidkan suara kaum nasionalis, terutama di wilayah Mataraman.

"Saya pikir faktor sejarah Soekarno dan Mbak Puti yang merupakan keluarga batih Soekarno akan menguatkan kembalinya suara nasionalis di wilayah nasionalis tradisional pedesaan. Tinggal bagaimana apakah Mbak Puti punya waktu untuk bisa menyapa dan menampilkan diri langsung di hadapan pemilih tradisional. Karena sejatinya kaum nasionalis tradisional hanya ingin penguatan saja untuk melihat kapasitas," tambahnya.

Selain Megawati, menurutnya, beberapa tokoh nasional dipastikan akan turun ke Jawa Timur. Pasalnya, wilayah itu menjadi barometer dan pijakan awal menuju kontestasi Pemilihan Presiden 2019 nanti.

"Jatim merupakan salah satu daerah yang akan punya efek elektoral Pilpres tinggi setelah Jakarta dan Jabar. Jadi selalu seksi untuk efek elektoral. Menurut pengamatan saya tokoh nasional termasuk Megawati akan turun gunung," tambahnya. (aim)

tag: #gus-ipul  #megawati-soekarnoputri  #pdip  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...