Berita
Oleh M Anwar pada hari Selasa, 06 Feb 2018 - 04:13:34 WIB
Bagikan Berita ini :

Gubernur Anies Kaget Lihat Kasur Ngambang di Pintu Air Manggarai

87anies-baswedan_20180205_165552.jpg
Gubernur Anies Baswedan (Sumber foto : Dok Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan prihatin ketika melihat tumpukan sampah menggunung di Pintu Air Manggarai. Oleh sebab itu ia mengingatkan agar seluruh lapisan masyarakat bisa menjaga kebersihan.

"Ini peringatan, sampah sebagian bukan hanya sampah rumah tangga, tapi juga ketemu kasur, kayu-kayu besar lewat, ini semua bisa memperburuk bencana karena kayu besar yang lewat bisa membahayakan," kata Anies di lokasi, Senin (5/2/2018).

Anies mengatakan, sejak pagi, petugas sudah berupaya untuk mengangkut tumpukan sampah yang didominasi oleh tumpukan pohon bambu, pisang, dan kayu-kayu.

"Sampah Anda lihat sendiri tadi, sudah diangkat sekitar 15 truk lebih, volume kira-kira 200 ton sampah," kata Anies.

Terkait penanganan banjir, Anies sudah mengistruksikan seluruh jajarannya agar antisipasi ketika air dari Depok tiba di Pintu Air Manggarai yang akan menyebabkan volume air meningkat.

"Prediksi pukul 18.00 sudah sampai. Semua koordinasi dalam posisi siap. Siap bukan berarti airnya berkurang, siap berarti kami antisipsi air akan datang. Per sore ini seluruh jajaran dalam posisi siaga, Dinas Perhubungan siaga untuk lalu lintas, Dinas Sosial siaga pengungsian, Dinas Sumber Daya Air siaga pastikan aliran air teraliri dengan baik," kata Anies.

Sejumlah pompa sudah dipersiapkan untuk menyedot air di area yang rawan banjir dan tergenang. Begitu pula posisi pintu air yang keseluruhannya telah dibuka secara maksimal.

"Pintu Ciliwung Lama dibuka, ketinggiannya satu meter. Tapi belum kondisi berubah maka akan dibuka lebih tinggi lagi (dua meter). Semua pintu dalam posis kebuka tiga-tiganya. Kemudian Ciliwung Lama ada satu pintu kebuka, kemudian Bina Marga semua pompanya siaga, Sumber Daya Air punya lebih dari 450 pompa yang posisinya sudah siap," kata Anies (aim)

tag: #banjir-bandang  #banjir-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

KPU Undang Presiden Umumkan Pemenang Pilpres 2024

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 23 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berencana mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri langsung penetapan pemenang Pilpres 2024. Rencanannya, acara tersebut ...
Berita

Kondisi Anaknya Sungguh Tragis di Tangan Mantan Suaminya, Lisa Tak Kuasa Membendung Airmata

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ini adalah suatu kisah pilu yang dituturkan oleh seorang ibu kandung bernama Lisa yang memiliki seorang putri berinsial GI, dan GI adalah putri keduanya yang telah ...