Berita
Oleh M Anwar pada hari Rabu, 07 Feb 2018 - 12:15:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Polri dan Syarikat Islam Indonesia Sepakat Dinginkan Suhu Pilkada

24kapolri-jenderal-tito-karnavian.jpg
Kapolri Jenderal Tito Karnavian. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Polri dan ormasSyarikat Islam Indonesia (SII) sepakat mendinginkan suasana yang cenderung memanas di pilkada. Tito menyebut salah satu poin dalam kesepakatan adalah SII bersikap netral.

"Dalam jangka pendek ini, kami sepakat untuk mendinginkan suasana jelang pilkada. Bukan membela atau menangkan satu pihak, partai, satu paslon, nggak. Polri posisinya jelas netral. Karena itu, kami (Polri dan SII) ingin dinginkan suasana politik yang memanas dengan menaikkan hal-hal yang merupakan kebersamaan kita," ujar Kapolri Jenderal Tito Karnavian di kantor DPP SII, Jl Latumeten, Jelambar, Jakarta Barat, Selasa (6/2/2018).

Polri dan SII, sambung Tito, sepakat menjaga rasa persatuan dan toleransi di tengah masyarakat. Isu-isu provokatif juga dicegah bersama.

"Masalah persatuan kesatuan bangsa, harus jaga keutuhan NKRI. Toleransi antarumat beragama, antarsuku dan ras. Isu-isu yang harus dikelola, jangan sampai kami kalah dengan isu untuk kepentingan sektoral, yang rawan provokatif dan perpecahan bangsa," terang Tito.

Presiden Lajnah Tanfidziyah SII, Muflich Chalif Ibrahim, mengamini pernyataan Tito. Dia mengakui komitmen Tito untuk menjaga keutuhan NKRI.

"Menjaga keamanan dalam negeri, khususnya daripada gangguan atau ancaman yang dapat merusak NKRI. Komitmen Kapolri dalam hal ini telah dinyatakan begitu jelas, bahwa Kapolri menyatakan berada di atas semua golongan, nggak ada keberpihakan, tidak diskriminatif," ujar Muflich.

"Jadi mengajak kita semua, ormas-ormas untuk bersinergi, kerja sama untuk keselamatan bangsa dan keutuhan NKRI," sambung dia. (aim)

tag: #kapolri-jenderal-pol-tito-karnavian  #pilkada-serentak-2018  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement