Berita
Oleh M Anwar pada hari Rabu, 07 Feb 2018 - 10:53:43 WIB
Bagikan Berita ini :

SBY Polisikan Pengacara Novanto, Romli Atmasasmita: Terburu-buru

72Romli-Atmasasmita-2.jpg
Romli Atmasasmita (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melaporkan pengacara Setya Novanto, Firman Wijaya ke Bareskrim dengan dugaan pencemaran nama baik. Pakar hukum pidana Romli Atmasasmita ikut berkomentar atas langkah yang diambil SBY.

"Kasus Pak SBY lapor Bareskrim atas pertanyaan PH (penasihat hukum) yang dianggapnya 'pencemaran nama baik' atau fitnah, terburu-buru karena PH dilindungi UU advokat dan UU KUHAP selama PH tdk melanggar UU misalnya, pertanyaan yang bersifat menjerat dan menyebut nama seseorang dan scr terang2an menuduh," tulis Romli dalam akun twitternya, @rajasundawiwaha, Rabu (7/2/2018).

Romli menjelaskan, jika majelis hakim tidak menegur apa yang disampaikan penasihat hukum, maka hal itu masih relevan dengan perkara yang disidangkan.

"Di persidangan, kewenangan hakim selama sidang bersifat mutlak dan jika terhadap pertanyaan PH (yg dimasalahkan) hakim tidak menegurnya berarti hakim berpendapat bahwa pertanyaan PH masih relevan dengan perkara terkait," terang Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Padjadjaran itu.

Advokat Firman Wijaya dilaporkan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono ke Bareskrim Polri, Selasa (6/2/2018). Bahkan SBY datang sendiri ke kantor Bareskrim untuk memperkarakan Firman.

Pengacara yang mendampingi Setya Novanto tersebut dituduh menyampaikan fitnah kepada SBY setelah menyebut Presiden ke-6 RI itu mengintervensi proyek e-KTP.

Persoalan yang kini melibatkan Firman itu muncul pertama kali dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta dengan terdakwa Setya Novanto.(yn)

tag: #korupsi-ektp  #susilo-bambang-yudhoyono-sby  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement