Sosok AM Fatwa Dalam Kenangan Anies Baswedan
Oleh alfian pada hari Selasa, 13 Feb 2018 - 05:33:15 WIB

Bagikan Berita ini :

20aniesamfatwa.jpg
Sumber foto : ist
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam acara mengenang AM Fatwa, di Balai Agung , Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (12/2/2018) malam


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenang Almarhum AM Fatwa sebagai sosok yang sangat peduli terhadap kondisi warga Ibu Kota. Menurutnya, semasa hidupnya AM Fatwa selalu mengikuti setiap perkembangan di DKI.

Pernyataan Anies tersebut disampaikan dalam acara 'Mengenang AM Fatwa' yang digelar Pemprov DKI di Balai Agung, Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (12/2/2018) malam.

Dalam acara ini, istri Almarhum AM Fatwa, Nunung Nurjanah dan anak perempuan AM Fatwa, Dian Islamiati Fatwa tampak hadir.

Hadir juga tokoh reformasi Amien Rais, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, anggota DPR Ahmad Basarah, mantan Ketua Umum PAN Sutrisno Bachir dan eks Ketua BPK Harry Azhar Azis.

Anak perempuan AM Fatwa, Dian Islamiati Fatwa mendapat kesempatan pertama menceritakan kenangannya bersama sang ayah.

"Bagi saya, ayah (AM Fatwa) adalah kawan diskusi yang menyenangkan. Kalau kita bicara politik bisa berjam-jam. Pernah saya juga berantem karena telepon. Karena ayah telepon menggunakan fasilitas kantor," kata Dian.

Usai Dian, giliran Anies yang bercerita mengenai AM Fatwa. Anies mengatakan acara mengenang AM Fatwa sebetulnya sudah direncanakan jauh-jauh hari dengan pihak keluarga.

"Rencana panjang yang sudah dibicarakan beberapa waktu lalu, akhirnya terlaksana. Kami di Pemprov DKI merasa ada yang hilang dengan meninggalnya Pak AM Fatwa," ujar Anies.

Anies mengatakan, AM Fatwa merupakan anggota DPD yang betul-betul memperhatikan kondisi di Ibu Kota.

"Beliau sebagai anggota DPD selalu memperhatikan apa yang terjadi di Jakarta. Sewaktu kita memutuskan untuk tidak naik banding ke warga Bukit Duri, Pak AM Fatwa mengirimkan SMS," terang Anies.

"Pak AM Fatwa cukup lama berada di balik jeruji. Tetapi di sisi lain beliau itu sekali optimis dan positif, dan tidak pernah menceritakan bahwa pengalamannya selama di dalam penjara sebagai cerita yang getir," imbuhnya.

AM Fatwa meninggal pada 14 Desember 2017 dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.‎(plt)

 

tag: #am-fatwa  #anies-baswedan  

Bagikan Berita ini :

Tanggapan Anda atas berita ini?
TSPOLING

Pembaca TeropongSenayan Yth

Dalam beberapa hari terakhir, teror bom mengguncang Tanah Air. Rakyat, pemerintah, dan aparat kaget, terkejut dan terkesima. Marah, kesal, cemas, was-was serta ekspresi sejenis muncul bersamaan.

Harapan akan segera terbitnya revisi UU Anti Terorisme menyeruak di tengah perbincangan publik. Polemik pun turut menghangatkan harapan itu.

Bagaimana pandangan Anda tentang penerbitan revisi UU Anti Terorisme :

  • Perlu, segera terbit
  • Dibahas dan dikaji terlebih dulu
  • Tidak perlu
LIHAT HASIL POLING