Redakan Batuk dan Jerawat, Kenali Manfaat Alami Madu
Oleh M Anwar pada hari Selasa, 13 Feb 2018 - 15:47:07 WIB

Bagikan Berita ini :

97bayi-tidak-boleh-diberi-madu.jpg
Sumber foto : dok istimewa
Manfaat madu.

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Madu sering dipakai sebagai pemanis pengganti gula pasir. Namun, keunggulan madu tak hanya pada rasa manisnya. Cairan manis ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan kulit kita.

1. Menekan batuk

Madu berkualitas baik bisa menjadi obat darurat saat batuk menyerang. Pemanis alami ini ternyata sama efektifnya dengan zat dekstrometrofan yang biasa digunakan sebagai pereda batuk dalam obat yang dijual bebas.

Madu dapat berfungsi sebagai pereda rasa sakit dan membentuk selaput di tenggerokan yang mampu memberi rasa lega dan meringankan iritasi penyebab batuk. Konsumsi 2 sendok teh madu sebelum tidur, maka tidur akan lebih nyenyak dan batuk lebih ringan pada keesokan harinya.

2. Memperbaiki kolesterol

Riset dari Dubai menemukan, dibandingkan dengan orang yang mendapatkan larutan glukosa, mereka yang mengonsumsi air dengan 75 gram madu alami selama 15 hari mengalami penurunan kolesterol kolesterol jahat (LDL) dan mengalami peningkatan kolesterol HDL yang merupakan kolesterol baik.

3. Melembabkan kulit

Menurut pakar dermatologi Patrivia Farris, madu dapat berfungsi sebagai pelembab alami karena molekul gula di dalamnya dapat menahan air dari kulit.

Madu dapat menghasilkan lapisan film di kulit yang dapat mengunci air dan meningkatkan kelembaban. Itu sebabnya para ahli menyarankan kita untuk menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak madu.

4. Mengobati jerawat

Menurut Joey Green, penulis Joey Green's Magic Health Remedie, sifat antimikroba madu dapat mengurangi peradangan dari jerawat.

Untuk mengobati jerawat dengan madu, campurkan madu dan pala dalam jumlah yang sama. Lalu, oleskan pada bagian yang berjerawat dan biarkan selama 20 menit sebelum dibasuh dengan air.

5. Meredakan sakit tenggorokan

Selain untuk meredakan batuk, madu bisa berperan sebagai antibakteri ringan yang sangat berguna saat kita sakit tenggorokan.

Tuangkan setengah cangkir air bersama satu sendok teh parutan jahe, lalu tambahkan jus yang terbuat dari lemon dan sesendok teh madu. Kemudian, gunakan semua bahan tersebut sebagai obat kumur di tenggorokan. (aim)

tag: #kesehatan  

Bagikan Berita ini :

Tanggapan Anda atas berita ini?
TSPOLING

Pembaca TeropongSenayan Yth

Dua pasangan calon (paslon) Pilpres 2019 telah mendaftar ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jakarta, Jumat (10/8/2018). Kedua paslon itu adalah Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Jokowi-Maruf didukung oleh sembilan partai. Yakni PDIP, Partai Golkar, Nasdem, Hanura, PPP, PKB, PSI,Perindo, dan PKPI. Sedangkan Prabowo-Sandiaga didukung oleh empat partai. Yakni Partai Gerindra, PAN, PKS, dan Demokrat.

Dua cawapres, yakni Maruf Amin dan Sandiaga Uno disebut-sebut turut menentukan kemenangan sang capres pada 2019 nanti. Tentu, baik Maruf maupun Sandiaga memiliki kelebihan masing-masing, yang akan diekplorasi habis-habisan guna menarik simpati pemilih.

Nah, jika pilpres dilaksanakan hari ini, siapa yang akan Anda pilih:

  • 1.Joko Widodo-Maruf Amin
  • 2.Prabowo Subianto-Sandiaga Uno
LIHAT HASIL POLING
TSTRENDING