Berita
Oleh Agus Eko Cahyono pada hari Sabtu, 04 Apr 2015 - 11:13:26 WIB
Bagikan Berita ini :

Parlindungan : Gandum Harus Jadi Bagian Ketahanan Pangan

8Parlindungan DPD.jpg
Anggota DPD RI Parlindungan Purba (Sumber foto : Indra Kusuma)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk mendukung penelitian tanaman gandum yang dilaksanakan Tim Gandum Universitas Andalas bersama tim mitra. Sejumlah tim mitra itu berasal dari enam provinsi sejak 2011- 2014 yang mampu merilis varietas gandum unggul.

Menurut Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba, peran tim gandum Universitas Andalas beserta mitranya merupakan amanah yang sangat penting dalam mendukung program ketahanan dan kedaulatan pangan di Indonesia. “Kami mendukung penelitian tanaman gandum ini. Makanya kami dorong akan Kementan memperhatikan soal gandum ini," ujarnya dalam siaran persnya, di Jakarta, Sabtu (4/4/2015).

Apalagi, kata senator asal Sumatera Utara itu, dalam rapat kerja DPD dengan Kementerian Perdagangan beberapa waktu lalu menyebutkan pemerintah kurang happy dengan impor komoditi pangan yang tidak kunjung berhenti. "Kami mendukung beberapa provinsi lain terlibat yang wilayahnya memiliki agroklimat cocok untuk pengembangan produksi gandum. Perguruan tinggi di provinsi itu juga terlibat penelitian,” jelasnya

Adapun sejumlah perguruan tinggi lain yang terlibat penelitian gandung antara lain, Universitas Syiah Kuala, Universitas Bengkulu, Institut Pertanian Bogor, Dinas Pertanian Kabupaten Banjarnegara, Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Brawijaya, dan Balai Penelitian Tanaman Serealia Kementerian Pertanian. "Penelitian tanaman gandum dilakukan agar kelak diperoleh varietas gandum yang karakteristiknya baik, terutama daya adaptasinya terhadap lingkungan tropis," imbuhnya. (ec)

tag: #Masalah Swasembada Pangan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement