Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Rabu, 21 Feb 2018 - 10:00:00 WIB
Bagikan Berita ini :

HNW Minta Pesantren Tak Mendikotomi Pengetahuan

72Hidayat-pesantren.jpg
Hidayat Nur Wahid (Sumber foto : Humas MPR)

DEPOK (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) mendorong pondok pesantren untuk terus meningkatkan sumber daya manusia dengan memadukan aspek intelektualisme dan spiritualisme.

Ia menekankan, tidak ada dikotomi antara ilmu dunia dengan nilai-nilai ilahiah di dalam Islam.

"Bila pesantren mempunyai keunggulan dalam berbagai bidang, maka hal demikian akan memudahkan dalam berdakwah," ujar HWN usai melantik Pengurus Pusat Majelis Pesantren Dan Ma`had Dakwah Indonesia (MAPADI) di Pondok Pesantren Baitul Quran,Depok, Jawa Barat, Senin (19/2/2018).

"Orang akan mudah menerima dakwah bila ada keunggulan. Nah, jika pesantren mempunyai keunggulan, maka ada yang dibanggakan dari ummt Islam," tambahnya.

Lebih lanjut dipaparkan di hadapan pengurus MAPADI dan ratusan santri Baitul Quran, bila umat Islam unggul, maka bangsa Indonesia secara otomatis akan menjadi bangsa yang maju di dunia.

Meski begitu, pria yang berusia 57 tahun itu mengakui bahwa memajukan pesantren yang berkeunggulan tidak mudah. Karena itu, ia berpesan agar pengurus MAPADI yang tersebar di 14 Provinsi dan 300 kabupaten dan kota di Indonesia merealisasikan program kerjanya.

Ia berharap agar pesantren di bawah MAPADI tetap mengembangkan intelektual dan kegiatan ilmiah agar menjadi pesantren unggulan. "Pesantren di bawah MAPADI harus bisa berkontribusi pada kemajuan bangsa. Memajukan Indonesia merupakan tradisi ulama kita," ujar Hidayat.(yn)

tag: #mpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement