Jakarta
Oleh Alfian Risfil pada hari Sabtu, 17 Mar 2018 - 08:08:14 WIB
Bagikan Berita ini :

Sasar Pemilih Milenial, Golkar DKI Terjunkan Relawan Gojo

83Relawan-Gojo.jpg
Plt Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta, Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Relawan Gojo (Golkar-Jokowi) di Kantor DPD Golkar DKI, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (16/3/2018) (Sumber foto : Alfian Risfil/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Partai Golkar Jakarta resmi meluncurkan Relawan Gojo (Golkar-Jokowi) untuk mengusung Joko Widodo pada Pilpres 2019 mendatang. Relawan Gojo berasal dari kalangan muda Golkar DKI.

Hal itu sebagai bentuk konkrit upaya partai berlambang pohon beringin untuk memenangkan kembali Presiden ke-7 RI itu, pada periode 2019-2024.

Plt Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta, Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan, tulang punggung Gojo adalah kader-kader muda atau milenial.

"Kita berikan kepercayaan kepada kader-kader muda kita untuk merumuskan kegiatan-kegiatan kampanye yang tentunya sesuai dengan jiwa anak muda. kata Agus disela-sela peresmian Relawan Gojo di Kantor DPD Partai Golkar DKI Jakarta, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (16/3/2018).‎

Tujuannya, kata dia, nanti ketika masuk ke tengah-tengah masyarakat tidak ada lagi sekat-sekat yang selama ini Partai Golkar dianggap sebagai yang relatif tidak bisa menerima anak muda.

Agus mengatakan, pihaknya memang sengaja melibatkan anak-anak muda sebagai garis depan Relawan Gojo. "Itulah kenapa kita bernuansa modern. Bernuansa anak muda dan milenial," ujarnya.

Pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Pilpres yang bersamaan membuat pihaknya merumuskan strategi pemenangan baru dan berbeda dibanding Pemilu 2014.

Relawan Gojo adalah salah satunya sebagai terobosan baru. Dengan demikian, kata Agus, target memenangkan Jokowi sebagai Presiden bisa tercapai. Termasuk menjadikan Golkar sebagai partai pemenang Pemilu.

"Ini salah satu bentuk terobosan Partai Golkar. Gojo ini bukan merupakan organ dari Partai Golkar. Inisiasinya datang dari DPP memang. Tapi itu didorong oleh semangat atau keterpanggilan dari kader-kader Partai Golkar," jelas dia.

Nantinya, tambah Agus, para relawan ini akan turun ke kantong-kantong masyarakat. Akhir pekan ini mereka juga akan melaksanakan kegiatan di dua tempat di Jakarta. Kegiatan akan berlanjut dalam pekan-pekan ke depan.

Agus menjelaskan, Relawan Gojo akan berjalan sendiri tanpa berkoordinasi dengan relawan Jokowi lainnya.

"Kita adalah satu relawan sendiri. Kalau misalnya nanti ada kegiatan-kegiatan kerjasama dengan relawan-relawan Jokowi yang lain, saya kira kita lakukan saja selama tujuannya sama memenangkan Jokowi," jelasnya.

Sementara itu, Koordinator Nasional Relawan Gojo, Rizal Mallarangeng menyampaikan, jumlah Relawan Gojo cukup banyak. Namun ia tak mau menyebut jumlah detailnya.

"Di lapangan sudah sangat banyak. Tapi kita jangan dulu berpikir harus ribuan karena ini baru awal," ujarnya.

DKI Jakarta merupakan daerah awal untuk membangun jaringan. Selanjutnya akan menyasar ke daerah-daerah lain sehingga terbentuk jaringan nasional.

Politisi Golkar, Ace Hasan Syadzili menyampaikan Relawan Gojo akan bergerak pelan. Terpenting, semangat para relawan adalah sukarelawan dan tidak dimobilisasi.

"Lebih pada inisiatif-inisiatif yang dilakukan oleh setiap kader Golkar untuk mensosialisasikan Jokowi di akar rumput. Kita tidak ingin hanya sekadar bicara, tapi melaksanakan aktivitas-aktivitas yang memang kongkret," ungkapnya.

Dia juga ingin keberadaan para relawan bersifat edukasi dan keberadaan mereka bisa menjadi bagian pendidikan politik bagi warga. "Yang lebih penting lagi politik buat kita sebetulnya adalah kegembiraaan," ujarnya.

Pelibatan anak muda juga sebagai pendidikan politik bagi generasi milenial agar mereka ikut terlibat dalam politik.

"Ini bagian dari proses membangun peradaban politik Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi dengan melibatkan anak-anak muda," tandasnya.(yn)

tag: #pilpres-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...