Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Selasa, 27 Mar 2018 - 15:04:38 WIB
Bagikan Berita ini :

PSI Ajukan 12 Cawapres Buat Jokowi, PDIP Lontarkan Sindiran

21HASTO-ts2.jpg
Hasto Kristiyanto (Sumber foto : Dok/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengajukan usulan 12 nama bakal Cawapres Joko Widodo. Langkah tersebut mendapat respons dari PDI Perjuangan.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto melontarkan sindiran atas langkah yang dilakukan PSI. Menurutnya, partai moncong putih itu menjaring tokoh-tokoh untuk menjadi pemimpin melalui proses yang panjang.

"Tidak sekadar menyampaikan daftar yang kemudian hanya untuk mendapatkan efek elektoral," kata Hasto di kantor DPP PPP, Jakarta, Senin (26/3/2018) malam.

Hasto menegaskan, partainya tidak ingin tergesa-gesa dalam menentukan sosok yang layak menjadi cawapres mendampingi Jokowi di Pilpres 2019.

"Ada waktunya kami mengusulkan siapa yang akan mendampingi Jokowi," imbuh Hasto.

Diketahui, Partai Solidaritas Indonesia telah menyatakan dukungannya kepada Jokowi dan memberikan usulan cawapres.

Partai pimpinan Grace Natalie ini sebelumnya mengusulkan sejumlah nama kepada Jokowi untuk dijadikan cawapres pada Pilpres 2019 mendatang.

Tidak tanggung-tanggung, PSI mengusulkan 12 nama sekaligus. Mereka adalah Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, pendiri CT Corp Chairul Tanjung, mantan Ketum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin, Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Kepala Staf Presiden Moeldoko.

Nama lain adalah mantan Ketua MK Mahfud MD, pengusaha Rusdi Kirana, Ketua Umum PBNU Said Agil Siradj, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas, hingga CEO Gojek Indonesia Nadiem Makariem.

Di samping mengusulkan cawapres, PSI mengajukan sejumlah nama kepada Jokowi sebagai calon menteri pada periode 2019-2024 mendatang.

Nama yang muncul di antaranya Ketua Umum PPP Romahurmuziy untuk mengisi jabatan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Djarot Syaiful Hidayat untuk Menteri Dalam Negeri, Rosiana Silalahi untuk Menteri Komunikasi dan Informatika, Ridwan Kamil untuk Menteri PUPR, dan Erick Thohir untuk Menteri Olahraga.

Selain itu, PSI mengusulkan sejumlah nama untuk mengisi jabatan kepala non kementerian mulai dari politikus PDIP Maruarar Sirait untuk Kepala Staf Presiden hingga hakim agung Artidjo Alkostar untuk jaksa agung.(yn)

tag: #pdip  #pilpres-2019  #psi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...