Berita
Oleh M Anwar pada hari Kamis, 29 Mar 2018 - 13:21:25 WIB
Bagikan Berita ini :

Rekrut Tiga Direktur Baru, BPOM Siap Percepat Berantas Kejahatan Obat Makanan

14Penny-Lukito.jpeg
Penny Lukito (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) menyatakan kesiapannya mempercepat pemberantasan kejahatan di bidang peredaran obat dan makanan. Hal ini menyusul direkrutnya tiga direktur baru di Kedeputian Bidang Penindakan BPOM.

"Kami melakukan terobosan restrukturisasi organisasi dengan merekrut tiga direktur di Kedeputian Bidang Penindakan untuk percepatan penanganan kasus kejahatan obat dan makanan," ujar Kepala BPOM-RI Penny K. Lukito melalui keterangan pers di Jakarta, Kamis (29/3/2018).

Penny mengatakan, tiga direktur baru di Kedeputian Bidang Penindakan BPOM terdiri atas unsur pimpinan tinggi di Badan Intelejen Negara, Kejaksaan Agung, dan Kepolisian yang kompeten dan berpengalaman.

Menurut dia tiga direktur baru itu diperlukan untuk memperkuat kapasitas kewenangan BPOM di tengah peredaran obat dan makanan illegal lintas negara yang makin meningkat belakangan ini.

Ketiga direktur baru akan mengisi jabatan sebagai Direktur Penyidikan, Direktur Intelijen dan Direktur Pengamanan, yang selanjutnya akan memperkuat performa kinerja Kedeputian Bidang Penindakan BPOM RI yang mencakup tiga strategi simultan, yaitu prediksi dan pencegahan, deteksi, serta respon.

"Prediksi dan pencegahan menjalankan fungsi analisis terhadap tren/data intelijen, kajian risiko kejahatan, analisa potensi kejahatan, dampak kejahatan, analisis situasi global, serta monitoring pelaksanaan penegakan hukum," ujar Penny.

Penguatan kapasitas dan kapabilitas kelembagaan serta kewenangan BPOM, menurut dia, dilakukan sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) No. 80 Tahun 2017 tentang Organisasi BPOM-RI melalui pembentukan Kedeputian Bidang Penindakan, terutama pada fungsi pengamanan dan cegah tangkal.

Sebelumnya BPOM-RI telah melakukan mutasi ratusan pejabatnya pada 19 Februari 2018.

Penny mengajak seluruh jajarannya untuk berkinerja nyata melayani dan melindungi masyarakat dari obat dan makanan yang berisiko terhadap kesehatan.(yn)

tag: #bpom  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Gantikan Erwin Rijanto, Doni Joewono Resmi Dilantik Sebagai Deputi Gubernur BI

Oleh windarto
pada hari Rabu, 12 Agu 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Doni Primanto Joewono resmi dilantik sebagai deputi gubernur Bank Indonesia (BI) yang baru, menggantikan Erwin Rijanto yang masa jabatannya habis pada 17 Juni 2020 lalu. ...
Berita

Polisi Tangkap Pelaku Intoleran, Yang Lain Diminta Menyerahkan Diri

JAKARTA (TEROPONG SENAYAN)- Polisi meringkus lima pelaku intoleran di Solo, Jawa Tengah. Kelima pelaku yakni berinisial DD, MM, MS,ML, dan RN. Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lhutfi pun mengimbau ...