Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Jumat, 13 Apr 2018 - 14:52:02 WIB
Bagikan Berita ini :

Bawang Putih Tembus Rp 40.000 Per Kilo

33bawang-putih.jpg.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

BANDA ACEH (TEROPONGSENAYAN)--Harga bawang putih di sejumlah pasar tradisional di Kota Banda Aceh, masih tinggi yakni mencapai Rp 40.000 per kilogram atau mengalami kenaikkan 60 persen dibandingkan sebelumnya.

"Bawang putih sekarang harganya Rp 40.000 per kilogram, dari tadinya cuma Rp 25.000 per kilo kami jual," ujar Dewi, pedagang sayuran di Pasar Peunayong, Banda Aceh, Jumat (13/4/2018).

Ia mengaku, dalam dua bulan terakhir, harga bawang putih yang merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan tersebut selalu berfluktuatif dan cenderung bertahan tinggi.

Awalnya komoditas yang memiliki khasiat mencegah pembekuan darah ini, cuma Rp 25.000 per kg, lalu merangkak naik menjadi Rp 30.000 per kg, dan Rp 35.000 per kg.

Sedangkan harga bawang merah di kota berjuluk Serambi Mekah tersebut, relatif stabil seperti bawang yang didatangkan dari luar Rp 18.000 per kg, dan lokal Rp 28.000 per kg.

Pedangang setempat menilai, tingginya harga bawang putih disebabkan jumlah pasokan yang berkurang di tengah kebutuhan masyarakat yang stabil.

"Harga Rp 40.000 per kilogram ini, sudah bertahan lebih dari dua pekan. Para pembeli, mayoritas mengurangi pemakain bawang putih," ucap Aisyah (45), pedagang di Pasar Ulee Kareng.

Nur Intan (31), pembeli pasar tadisional setempat mengatakan, harga kebutuhan pokok selalu melonjak tinggi, terutama menjelang bulan puasa yang hampir sebulan lagi.

"Ini sih, namanya bukan lagi naik harga bawang putih. Tetapi ganti harga, sebentar lagi kan mau Ramadan," tutur dia.

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita akhir bulan lalu mengakui, bahwa harga bawang putih di pasaran belum turun seperti yang diinginkan pemerintah, yakni Rp25.000 per kilogram.

Ia menyebut, pemerintah berupaya menurunkan harga bawang putih dengan mengeluarkan izin impor komoditas itu dengan total yang direkomendasikan 450 ribu ton.

"Harganya (bawang putih), pasti akan kami atasi. Akan masuk 400 kontainer lagi, ini proses pengirimannya, minggu depan barang masuk," ucap Enggar.(yn/ant)

tag: #impor-pangan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Banner HUT RI Ke-75 TeropongSenayan.com
advertisement
Banner HUT RI Ke-75 Irma Suryani Chaniago
advertisement
Banner HUT RI Ke-75 SOKSI
advertisement
Banner HUT RI Ke-75 Arsul Sani
advertisement
Banner HUT RI Ke-75 Syaifullah Tamliha
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kenaikan Kasus Positif COVID-19 di Jakarta Masih Tinggi

Oleh Rihad
pada hari Sabtu, 15 Agu 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Total jumlah kasus positif COVID-19 di Jakarta menembus angka 29.036 kasus pada Sabtu (15/8) atau terjadi penambahan sebanyak 598 kasus,  naik signifikan dibanding hari ...
Berita

Kantor Pusat Imigrasi Tutup 12-21 Agustus 2020, Bagaimana Pelayanannya?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Direktorat Jenderal Imigrasi memastikan pelayanan visa onshore bagi warga negara asing (WNA) yang tinggal di Indonesia tetap berjalan meski kantor yang beralamat di Jalan HR ...