Ragam
Oleh Mandra Pradipta pada hari Minggu, 12 Apr 2015 - 08:37:19 WIB
Bagikan Berita ini :

Fadli: Agar Tidak Semusim Perajin Akik Harus Berkoperasi

32fadli akik1.jpg
Fadli Zon (Sumber foto : Indra Kusuma)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Agar boming batu akik dan batu mulia tidak musiman seperti tanaman antorium, ikan louhan atau kegemaran lainnya, Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengusulkan dibentuk koperasi secara khusus.

Fadli memandang, batu akik secara tidak langsung sudah membuat perekonomian masyarakat Indonesia jauh lebih baik. Karena itu bila hal ini mampu dikelola dengan manajemen yang tepat, maka akan membawa manfaat dan mensejahterakan masyarakat.

"Saya kira dampak bagi masyarakat juga bagus, ekonominya bisa hidup. Maka itu perlu ada koperasi. Saat ini sudah ada berbagai cara untuk peningkatan nilainya terus menerus diantaranya perlombaan-perlombaan," kata Fadli kepada TeropongSenayan, Jakarta, Minggu (12/4/2015).

Waketum Gerindra ini mengaku memiliki koleski batu akik sekitar 400 buah, mulai dari jenis batu asal Aceh hingga Maluku. Tapi diantara koleksinya itu Fadli mengaku paling suka memakai batu akik dari Sumatra Barat dan Garut seperti jenis Lumut Suliki serta Panca Warna Edong.

"Jenis Lumut Suliki dan Panca Warna Edong itu sudah go internasional. Batunya kalau kita dan dilihat warnanya ada yang kristal, kemudian ada yang kaya lukisan. Saya kira nusantara ini kayanya luar biasa," ujarnya sambil mengatakan koleksi batu yang dimilikinya paling banyak dari Sumatera Barat.(ss)

tag: #batu akik  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...