Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Jumat, 18 Mei 2018 - 10:33:28 WIB
Bagikan Berita ini :

Kata Kapolda, Konvoi Bawa Bendera Israel di Papua Sebagai Tradisi

86bendera-israel_1.jpg.jpg
Konvoi kendaraan disertai pengibaran bendera Israel dalam sebuah acara di Jayapura, Papua (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Kapolda Papua Inspektur Jenderal Boy Rafli Amar mengatakan, konvoi kendaraan disertai pengibaran bendera Israel dalam sebuah acara di Jayapura, Papua merupakan sebuah tradisi.

Video konvoi kendaraan disertai pengibaran bendera Israel dalam sebuah acara di Jayapura, Papua sebelumnya sempat membuat heboh jagat dunia maya. Pasalnya, pemerintah Indonesia tidak mempunyai hubungan diplomatik dengan negara zionis Israel.

"Pengibaran bendera Israel di Jayapura peringatan dari komunitas Sion Kids, ini komunitas masyarakat. Itu sudah seperti tradisi dan merupakan budaya," ujar Boy saat dihubungi awak media, Kamis (17/5/2018).

Boy menyebut komunitas ini mengagungkan budaya Israel yang berasal dari keturunan Adam. Menurutnya, kegiatan mereka tidak mencerminkan dukungan terhadap Israel sebagai sebuah negara.

"Mereka dulu ada sejarah dengan pendeta Israel yang dulu pernah berdakwah datang ke Indonesia. Itu sekarang sudah jadi tradisi dan budaya. Itu saja tidak ada kepentingan lain," ujarnya.

Boy berharap masyarakat tidak berpersepsi bahwa acara budaya ini sebagai bentuk dukungan terhadap negara Israel.

"Jauh sekali dengan bentuk dukungan terhadap Israel. Tidak ada maksud dukungan untuk Israel. Intinya ini hanya acara peringatan," ujar Boy.

Boy mengatakan tidak ada konflik yang terjadi di Papua karena acara peringatan ini sudah dianggap sebagai budaya. Dia menambahkan, hal yang sudah menjadi tradisi ini tidak perlu dipermasalahkan, apalagi dikaitkan dengan aspek politik.

"Damai-damai saja. Jangan bandingkan dengan Jakarta. Kita (Papua) baik-baik semua, toleransi bagus. Jadi saya tekankan apa yang terjadi itu aspek budaya. Tidak ada aspek politis, bukan dukungan Israel," kata mantan Kepala Divisi Humas Polri ini.(yn/cnnindonesia)

tag: #israel  #papua  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ali Wongso: SOKSI Dukung Penuh Jokowi dan Gibran Berada di Partai Golkar

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 25 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum SOKSI ,Ir. Ali Wongso Sinaga mendukung penuh Pak Jokowi dan Pak Gibran berada di Partai Golkar. Hal ini sebagaimana pernyataan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto ...
Berita

Bamsoet Apresiasi KPU dan Dukung Penetapan Prabowo - Gibran Sebagai Presiden dan Wapres RI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi kerja keras komisi Pemilihan Umum (KPU) serta mendukung penetapan Komisi Pemilihan ...