Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Senin, 21 Mei 2018 - 16:38:21 WIB
Bagikan Berita ini :

Rizal Ramli Kenang Saat-Saat Era Reformasi

69rizal-ramli.jpg.jpg
Rizal Ramli (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Mantan Menko Bidang Kemaritiman Rizal Ramli berbagi cerita saat bergantinya rezim Orde Baru ke era Reformasi.

"Tahun 1998 Indonesia sedang mengalami krisis ekonomi yang besar. Biasanya ekonomi kita tumbuh 6 persen karena krisis tersebut ekonomi kita jadi turun hingga minus 13 persen total anjloknya 19 persen," ungkap dia di Jakarta, Senin, (21/5/2018).

Rizal melanjutkan, kondisi perusahaan-perusahaan besar banyak yang mengalami kebangkrutan. Sejumlah bank besar seperti, BCA dan Danamon di-rush oleh para nasabahnya dan membuat nyaris bangkrut.

"Sehingga harus dibantu oleh dana BLBI sebesar 80 milliar dollar pengganguran meningkat menjadi 40 persen karena krisis besar tersebut," terang dia.

Tidak hanya itu, lanjut eks Menteri Koordinator Kemaritiman ini, di semester 1 pertama tahun 1998 supermarket - supermarket di Indonesia juga tidak menyediakan bahan sembako seperti beras.

"Hal itu membuat masyarakat panik dan menginginkan perubahan. Namun demikian pak Harto yang saat itu berada di Mesir terjadilah kerusuhan besar. Terlebih lagi saat itu pemerintah berhasil dibujuk oleh IMF untuk menaikan harga BBM hingga 72 persen dan harga minyak tanah 42 persen pada 1 Mei 1998," ungkapnya.

Rizal mengakui hal itu pula yang membuat mahasiswa - mahasiswa disetiap daerah melakukan demonstrasi besar - besaran. Kala itu, kata Rizal, Makasar menjadi daerah pertama yang menggelar demonstrasi.

"Tanggal 2 terjadi demonstrasi yang rusuh di Makasar dilanjutkan tanggal 3 dan 4 Medan habis itu masuk Surabaya, Yogyakarta, Solo yang hancur lebur kemudian baru masuk ke Jakarta tanggal 11 dan 12 Mei," pungkasnya.(yn)

tag: #rizal-ramli  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...