Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Sabtu, 26 Mei 2018 - 09:40:59 WIB
Bagikan Berita ini :

Indonesia Bebaskan Bea Masuk Semua Produk Palestina

75palestina-indonesia.jpg.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengungkapkan, pemerintah Indonesia sepakat untuk tidak mengenakan bea masuk untuk seluruh produk asal Palestina.

Hal tersebut, kata Enggar sebagai bentuk dukungan Indonesia kepada pemerintah Palestina.

"Kami membuka untuk seluruh produk Palestina, apa pun. Dan ini zero tariff. Berikutnya kita sepakat untuk tingkat kerja sama perdagangan yang lebih luas. Kedua pihak tidak mau ada free rider atau produk lain atas nama Palestina yang masuk ke Indonesia (atau sebaliknya)," kata dia di Jakarta, Rabu (23/5/2018).

Enggar melanjutkan, Pemerintah Indonesia di era Jokowi tak memperdulikan berapapun hitungan Komoditas Palestina yang masuk ke Indonesia.

"Dengan Palestina kita tidak memakai hitungan, karena ini perintah Presiden untuk membuka market," ungkapnya.

"Kadang kala gini. Dalam dagang itu kadang kala kita ada yang dihitung. Kadang kala juga kita gak hitung. Nilai persahabatan itu lebih tinggi daripada hitungan ekonomi," katanya.

Lantaran saat ini tanah Palestina hampir dikuasai oleh Israel, pemerintah Indonesia pun telah mengantisipasi kemungkinan masuknya produk gelap dari Israel ke Indonesia.

Pasalnya, Palestina tidak bisa mengirimkan barang secara langsung, akan tetapi harus melalui Lebanon. hal tersebut karena letak tanahnya berada di titik kunci (Land Lock).

"Seluruh komoditi apa yang dia mau, Tapi kita menjaga free raider (penumpang gelap)," kata dia.

Enggar memastikan pihaknya akan menyeleksi mana produk Israel dan mana Produk Palestina.

"Nah sekarang mereka israel bilang itu tanah mereka. Palestina bilang itu tanah saya. Nah jangan kalau bicara itu kita nanti nyeleksi. Sekarang kalau produk yang dikirim Palestina itu yang kita terima," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Enggar kembali menegaskan bahwa Indonesia tak ada kerjasama bilateral dengan Israel. "Kita gak ada impor dari mereka ? Gak ada impor dari israel," kata dia.(yn)

tag: #palestina  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fraksi PKS Terus Berjuang Untuk Kesejahteraan dan Perlindungan Buruh

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 01 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini mengucapkan selamat Hari Buruh dan berharap agar kebijakan negara semakin menyejahterakan dan melindungi pekerja baik di dalam maupun ...
Berita

Nurhayati Effendi Berharap Hubungan Buruh dengan Pengusaha Makin Harmonis

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota Komisi IX DPR RI Nurhayati Effendi berharap hubungan harmonis antara pekerja dengan pengusaha dapat terwujud pada momen peringatan Hari Buruh Nasional atau May Day ...