Oleh Aswan pada hari Sabtu, 25 Des 2021 - 08:22:27 WIB
Bagikan Berita ini :

Dukung Pembebasan Palestina, PKS Harap Indonesia Tak Bangun Hubungan Diplomatik Dengan Israel

tscom_news_photo_1640395347.jpg
Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta (Sumber foto : Istimewa)

Jakarta-Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berharap dan mendukung Pemerintah Indonesia yang terus konsisten mendukung pembebasan Palestina dari penjajahan Israel.

Pasalnya, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Anthony Blinken dikabarkan mengangkat wacana normalisasi hubungan Israel dan Indonesia pada saat mengunjungi Jakarta pada 13-14 Desember lalu.

Ketua Badan Pembinaan dan Pengembangan Luar Negeri DPP PKS, Sukamta, mengatakan dalam kunjungan tersebut, pemerintah Indonesia diharapkan tidak membangun hubungan diplomatik apapun dengan Israel.

"Kami mengapresiasi sikap konsisten pemerintah Indonesia selama ini, khususnya kepada Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi yang menyampaikan suasana hati dan perasaan rakyat Indonesia untuk terus mendukung Palestina merdeka dan harapan kami agar Pemerintah RI tidak akan membangun hubungan diplomatik apapun dengan Israel dalam pertemuan dengan Menlu AS, Anthony Blinken,” kata Sukamta kepada wartawan, Sabtu (25/12/2021).

Anggota komisi I DPR RI ini juga memahami bahwa tawaran normalisasi tentu dengan iming-iming menggiurkan. Maka tidak mengherankan banyak negara yang dahulu tidak membangun hubungan diplomatik dengan Israel kemudian berubah sikap, luluh dengan beragam tawaran Israel dan Amerika Serikat.

“Kami tahu, Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia memiliki posisi sangat strategis dan akan memberikan dampak signifikan bagi Israel jika bersedia menjalin hubungan diplomatik dengan Israel. Tentu godaan normalisasi dengan Israel ini luar biasa. Sejak zaman presiden Donald Trump tawaran turut serta dalam Kesepakatan Abraham banyak negara telah beralih sikap. Namun, kita harus ingat bahwa urusan normalisasi dengan Israel ini lebih dari urusan ekonomi tapi urusan hutang sejarah, amanat konstitusi dan pesan Proklamator Republik Indonesia, Bung Karno.” jelas Sukamta.

Dukungan perjuangan rakyat Palestina untuk merdeka, kata Sukamta, sesuai dengan isi pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, bahwa “ penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan”.

“Indonesia punya hutang sejarah, Palestina negara yang pertama kali mengakui kemerdekaan Republik Indonesia melalui seorang Mufti Palestina, Muhammad Amin Al Husaini. Dukungan Palestina ini menggerakan negara-negara lain untuk mendukung kemerdekaan Indonesia. Terakhir, Bung Karno berpesan bahwa "Selama kemerdekaan Bangsa Palestina belum diserahkan kepada orang-orang Palestina, maka selama itulah Bangsa Indonesia berdiri menantang penjajahan Israel," lanjutnya.

Untuk itu, Wakil Ketua Fraksi Bidang Polhukam FPKS DPR RI ini berpesan bahwa beragam alasan mendasar itulah yang harus terus bangsa Indonesia ingat dan berusaha perjuangkan demi kemerdekaan Palestina

Sebagai informasi, Amerika Serikat sejak pemerintahan Donald Trupms menggulirkan sebuah perjanjian yang disebut Kesepakatan Abraham. Kesepakatan Abraham adalah perjanjian normalisasi yang ditandatangani antara Israel dan beberapa negara mayoritas Muslim seperti Uni Emirat Arab Bahrain, Yordania dan Mesir Sudan, dan Maroko.

tag: #dpr  #palestina  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement