Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Sabtu, 26 Mei 2018 - 11:07:54 WIB
Bagikan Berita ini :

Aman Abdurrahman: Pelaku Bom Surabaya, Orang Sakit Jiwa

55Aman-Abdurrahman1.jpg.jpg
Aman Abdurrahman (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYA)--Oman Rochman alias Aman Abdurrahman, terdakwa kasus bom Thamrin memberikan pandangannya soal rentetan peledakan bom di Surabaya. Ia tidak setuju dengan tindakan yang dilakukan pelaku, terlebih melibatkan anak-anak.

"Kejadian (bom bunuh diri) ibu yang menuntun anaknya di pelataran gereja tidak mungkin muncul dari orang yang memahami ajaran Islam. Tidak mungkin muncul dari orang yang sehat akalnya," kata Aman saat menyampaikan nota pembelaan (pledoi) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat (25/5/2018).

Begitu juga, kata dia, kejadian seorang ayah yang membonceng anaknya di depan Mapolres Surabaya dan meledakan bom.

"Kejadian di Surabaya itu, orang-orang yang melakukannya, atau merestuinya itu melaksanakan jihad adalah orang-orang yang sakit jiwanya," lanjut Aman.

Namun, Aman mengaku bahwa dirinya memiliki pandangan bahwa pemerintah sebagai kaum kafir. Namun, tidak pernah sekalipun mengimbau para pengikutnya melakukan penyerangan kepada umat lain atau kantor polisi.

Menurut Aman, tindakan itu bertentangan dengan dalil Alquran dan hadis Nabi Muhammad SAW. Jikapun ada pengikutnya yang ingin berjihad, Aman mengimbau berjihad langsung di Suriah. Hingga saat ini, sudah banyak muridnya yang pergi ke sana.

Pada 13-14 Mei 2018, lima insiden ledakan terjadi di Surabaya. Pada Minggu (13/5) bom bunuh diri di tiga gereja berbeda, yakni Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela di wilayah Ngagel, GKI Wonokromo Jalan Diponegoro, dan Gereja Pantekosta di Jalan Raya Arjuno.

Kemudian, Minggu malam sekitar pukul 20.00 WIB bom meledak di Rusunawa Blok B lantai 5 Kelurahan Wonocolo, Kabupaten Sidoarjo, serta pada Senin (14/5) pagi pukul 08.50 WIB bom meledak di pintu masuk Mapolrestabes Surabaya.(yn)

tag: #bom-surabaya  #terorisme  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Buka Puasa Bersama Komunitas Morgan Sports Club, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Tingkatkan Solidaritas Kebangsaan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Ketua Dewan Pembina komunitas otomotif mobil klasik asal Inggris Morgan Sports Car Club Indonesia (MSCCI) dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia ...
Berita

Aksi Damai GPKR di Gedung Mahkamah Konstitusi untuk Menegakkan Kedaulatan Rakyat

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dengan semangat perjuangan tanpa titik kembali, hari ini Kamis 28 Maret 2024, Gerakan Penegak Kedaulatan Rakyat (GPKR) akan kembali menggelar aksi damai bertempat di ...