Berita
Oleh Enjang Sofyan pada hari Sabtu, 26 Mei 2018 - 13:33:41 WIB
Bagikan Berita ini :

Pengamat: Posisi BNPT Masih Lemah dalam Program Deradikalisasi

11Warung-Daun-Cikini.jpg.jpg
Diskusi bertajuk "Pemberantasan Terorisme; Legislasi, Tindakan Polisi dan Deradikalisasi" di Warung Daun, Cikini, Jakpus, Sabtu (26/5/2018). (Sumber foto : Enjang Sofyan/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Peneliti Lembaga Kajian Terorisme dan Konflik Sosial Universitas Indonesia (UI) Solahudin menilai, aparata hukum hingga kini belum menindak terorisme hingga ke akar-akarnya.

"Penegak hukum hanya menyelesaikan tindak pidana terorisme bukan akar terorisme," kata Solahudin, dalam diskusi bertajuk 'Pemberantasan Terorisme; Legislasi, Tindakan Polisi dan Deradikalisasi' di Warung Daun, Cikini, Jakpus, Sabtu (26/5/2018).

Kendati demikian, Solahudin berharap pasca terbitnya Undang-Undang Anti-Terorisme dapat memperkuat program deradikalisasi dan kontra radikalisasi yang selama ini sudah dijalankan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

"Untuk menyelesaikan akar masalah teroris, kita butuh program deradikalisasi dan kontra radikalisme yang mumpuni dan kuat," ujarnya.

"Saya kira penting bagi stakeholders untuk memperkuat sisi ini. Dimana kita tau bahwa sekarang posisi BNPT masih lemah dalam soal deradikalisasi dan kontra radikalisme," tambah Solahudin.

Ia juga yakin, jika terorisme dapat dituntaskan sampai pada akar-akarnya, maka tidak akan ada lagi permasalahan yang mengancam keamanan Tanah Air Indonesia.

"Karena kalau misalkan akar masalah terorisme bisa kita selesaikan, harapannya kedepan soal terorisme ini tidak lagi menjadi gangguan atau ancaman bagi Indonesia," pungkasnya.(yn)

tag: #bnpt  #terorisme  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk ...
Berita

Di Akhir Periode Kepengurusan PIA DPR Tetap Jalankan Komitmen Berbagi Pada Sesama

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Sebagai bentuk komitmen untuk selalu berbagi berkah, di bulan suci Ramadhan kali ini Persaudaraan Isteri Anggota (PIA) DPR RI tetap menggelar pemberian Paket sembako bagi ...