Jakarta

Setelah 4 Tahun DKI Raih WTP

Anies: Ini Awal Baru untuk Pengelolaan Tata Keuangan yang Baik

Oleh Amelinda Zaneta pada hari Senin, 28 Mei 2018 - 14:04:41 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

25okoc.jpg.jpg

Anies-Sandi (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) —Laporan keuangan Pemprov DKI Jakarta tahun anggaran 2017 mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Gubernur DKI Anies Baswedan menyebut pencapaian baru sejak empat tahun terakhir ini merupakan berkah Ramadhan.

"Ini rasanya betul-betul berkah Ramadan. Ramadhan tahun ini terasa membawa berkah bagi Pemprov DKI Jakarta karena terakhir kita mendapatkan opini WTP itu atas laporan tahun 2012. Sesudah itu kita tidak pernah mendapatkan WTP," kata Anies seusai sidang paripurna, di Gedung DPRD DKI, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (28/5/2018).

Anies menuturkan keberhasilan mendapatkan opini WTP merupakan jerih payah semua pejabat Pemprov DKI yang dipimpin oleh Wagub DKI Sandiaga Uno. Meskipun, awalnya merasa pesimis bisa meraih opini WTP dari BPK.

"Semua bekerja siang-malam, teman-teman berseragam ini nggak nampak di depan kamera tapi mereka yang bekerja siang-malam, memastikan. Jadi, satu hal yang kami jadikan hikmah dari capaian WTP ini begitu ada kemauan maka ada jalan. Begitu ada kemauan ada kerja keras, maka bisa dicapai," papar Anies.

Anies mengaku senang, karena kerja keras Pemprov DKI dalam mengikuti saran dari BPK menuai hasil.

“Tapi yang tidak kalah penting adalah komitmen internal untuk membereskan semua catatan-catatan yang diberikan dari BPK. Memang itu kerja keras sekali. Dan saya perhatikan dari sisi waktu, energi sangat menyedot. Tapi Alhamdulillah itu semua menghasilkan babak baru,” bebernya.

Lebih jauh, Anies mengatakan jika kerja keras beberapa bulan terakhir menghasilkan prestasi yang sangat membanggakan. 

"Rapat yang diadakan setiap minggunya task force yang dipimpin langsung oleh Pak Wagub melakukan rapat monitoring atas semua action plan pertemuan dengan BPK itu rutin dan mereka bekerja siang malam dalam artian sesungguhnya," kata Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Dibagian lain, Anies mengatakan hikmah dari capaian WTP ini adalah proses tidak akan menghianati hasil.

Dibagian lain Anies menuturkan jika ini adalah awal bagi Pemprov untuk terus bebernah kedepannya.

Tak lupa, Mantan Rektor Paramadina itu juga berterimakasih kepada BPK atas bimbingan yang mereka berikan.

Anies merasa BPK telah memberikan arahan berarti sehingga Pemprov DKI bisa menindaklanjuti temuan-temuan dari laporan hasil pemeriksaan tahun-tahun sebelumnya.

"Bimbingan dari BPK sangat instrumental. Kerja sama dengan BPKP sangat instrumental. Tapi yang tidak kalah penting adalah komitmen internal untuk membereskan semua catatan-catatan yang diberikan BPK. Memang itu kerja keras sekali. Dan saya perhatikan dari sisi waktu, energi sangat menyedot. Tapi alhamdulillah itu semua menghasilkan babak baru," terang Anies.

Anies berharap prestasi ini bisa terulang pada tahun selanjutnya. Dia pun berjanji akan segera menindaklanjuti temuan-temuan yang masih disoroti BPK salah satunya mengenai pengelolaan bantuan operasional pendidikan (BOP) dan bantuan opersional sekolah (BOS).

"Saya sampaikan ini bukan akhir. Ini adalah awal baru untuk pengelolaan tata keuangan yang lebih baik di Pemprov DKI Jakarta, dan insyaallah ke depan kita akan bisa tingkatkan terus. Semua yang masih jadi catatan sekarang akan kita tindak lanjuti, kita bereskan," tegas Anies. (Alf)

tag: #pemprov-dki  #bpk  #aniessandi  #dprd-dki  

Bagikan Berita ini :