Jakarta
Oleh Alfian Risfil pada hari Jumat, 08 Jun 2018 - 01:36:15 WIB
Bagikan Berita ini :

Fraksi PKS Dukung Pemprov DKI Tetapkan 22 Ramadan Sebagai Hari Jadi Kota Jakarta

63IMG-20180607-WA0144.jpg.jpg
Ketua Fraksi PKS DPRD DKI, Abdurrahman Suhaimi. (Sumber foto : Alfian/dok.TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) –Fraksi PKS DPRD DKI mendukung langkah Pemprov DKI untuk menetapkan 22 Ramadhan sebagai hari jadi Kota Jakarta versi kalender hijriah.

Namun demikian, Fraksi PKS juga tetap mendukung Pemprov DKI yang terlebih dahulu akan mengkaji hari jadi Kota Jakarta pada tanggal tersebut.

Ketua Fraksi PKS DPRD DKI, Abdurrahman Suhaimi menilai, langkah itu untuk mengingatkan Umat Islam dalam rangka memperjuangkan kemenangan kota Jakarta yanhg dipimpin oleh Fatahillah.

“Momen 22 Ramadhan mengingatkan kemenangan Jakarta dari versi kalender hijriah. Bagian dari memperingati harijadi Jakarta,” jelas Suhaimi, Jakarta, Kamis (7/6/2018).

Diketahui, sosok Fatahillah adalah seorang ulama muda asal Samudera Pasai (Aceh) yang saat itu baru pulang dari Mekkah pada awal Abad 16.

Bersama Sultan Trenggana dari Kerajaan Demak, Sultan Hasanuddin dari Kerajaan Banten, dan Kerajaan Cirebon, Fatahillah memimpin pasukan menyerbu tentara Portugis yang bercokol di tanah Sunda (Sunda Kelapa).

Akhirnya, pada tanggal 22 Juni 1527 Masehi atau tepatnya pada 22 Ramadan 933 Hijriah, Sunda Kelapa berhasil direbut ke tangan ulama. Sehingga, bandar laut tersebut diganti menjadi Jayakarta, yang berarti kejayaan dan kesejahteraan.

Nama Jakarta sendiri adalah pilihan dari Sunan Gunung Jati, penguasa Kerajaan Cirebon, yang diberikan kepada Fatahillah.

Sosok Fatahillah atau Fadhilah Khan langsung diangkat sebagai penguasa Jayakarta pertama dengan gelar Adipati sampai meninggal pada 1570.

Kejayaan Jayakarta tersebut berlangsung hampir satu abad (1527-1619), sebelum akhirnya kembali dibumihanguskan oleh VOC dan berganti kembali menjadi Batavia (nieeuw Hoors).

“Jadi, seperti 22 Ramadhan itu, kita bersyukur atas kemenangan Fatahillah dan dijadikannya Batavia menjadi Jayakarta sebagai cikal-bakal Jakarta. Menjadikannya sebagai momen kebangkitan dengan spirit Ramadhan, untuk kinerja Pemprov dan masyarakat Jakarta yang lebih baik,” jelas Suhaimi.

Untuk menyemarakkan hari jadi Jakarta pada 22 Ramadan ini, Fraksi PKS pun akan mengadakan rangkaian kegiatan. Mulai dari diskusi sejarah Kota Jakarta, nonton bareng film dokumenter Fatahillah, hingga santunan yatim serta dhu’afa.

Semua kegiatan tersebut akan berlangsung pada Selasa (12/6/2018) pekan depan. (Alf)

tag: #pks  #dki-jakarta  #dprd-dki  #pemprov-dki  #ramadhan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...