Berita
Oleh M Anwar pada hari Selasa, 12 Jun 2018 - 10:59:05 WIB
Bagikan Berita ini :

Trump-Kim Salaman, Ini Analisa Pakar Bahasa Tubuh

89trumpkim_640x360.jpg.jpg
Presiden Donald Trump dan Kim Jong Un (Sumber foto : Istimewa)

SINGAPURA (TEROPONGSENAYAN)--Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin Korea Utaran Kim Jong Un akhirnya bertemu di Singapura, Selasa (12/6/2018). Tak hanya itu, kedua tokoh tersebut bersalaman.

Seperti dilaporkan kantor berita Reuters, pakar bahasa tubuh menilai, pada pertemuan tersebut Trump dan Kim terlihat ingin menampilkan kesan dominan ketika mereka memulai pertemuan bersejarah di Singapura.

Karen Leong, Direktur Pelaksana Influence Solutions yang berkantor pusat di Singapura menyatakan, pada 60 detik pertama kedua pemimpin terlihat ingin tampil lebih dominan terhadap lawan bicaranya satu sama lain.

"Jabat tangan mereka terlihat seperti di antara dua sahabat. Trump terlihat sangat menyadari soal ini bahwa dia perlu meletakkan tangannya di atas (tangan Kim) sehingga terlihat dialah yang memimpin," kata Leong.

Trump mendominasi omongan, sedangkan Kim menyimak dengan penuh perhatian, menoleh ke arah Trump tiga kali selagi mereka berdua berjalan ke ruang pertemuan. Tetapi dia juga menepuk punggung tangan presiden AS itu, untuk menunjukkan dia mengendalikan lawannya, kata Leong.

Presiden AS yang usianya lebih dari dua kali usia Kim itu kemudian mengawali jalan ke arah perpustakaan di mana mereka menggelar pertemuan empat mata, dengan menempatkan tanganya ke punggung pemimpin Korea Utara tersebut.

Tapi Leong kesulitan membaca apa arti kegugupan singkat mereka begitu kedua pemimpin duduk, di mana Trump terlihat tersenyum kecut sambil menggerak-gerakkan tangannya seperti gelisah, sedangkan Kim duduk agak miring condong menatap ke bawah.

Menjelang pertemuan itu, Trump sudah berkoar-koar bahwa dalam hitungan satu menit dia akan tahu apakah Kim serius atau tidak menciptakan perdamaian, demikian Reuters.(yn/ant)

tag: #amerika-serikat  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement