Berita
Oleh mandra pradipta pada hari Jumat, 15 Jun 2018 - 12:14:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Ini Alasan PAN Dukung Gugatan Rocky Gerung Cs

35salehPartaonanDaulay.jpg
Ketua DPP PAN Saleh Daulay (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Partai Amanat Nasional (PAN) mendukung upaya judicial review yang dilakukan Akademisi Rocky Gerung bersama 11 orang tokoh publik soal ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold ke Mahkamah Konstitusi.

Ketua DPP PAN Saleh Daulay menilai, judicial review itu diharapkan dapat memperluas kesempatan bagi seluruh tokoh dan elemen masyarakat untuk menjadi pemimpin nasional.

Mengingat, Indonesia memiliki banyak tokoh yang potensial jadi pemimpin nasional.

"Masalahnya, tidak semuanya memiliki kekuatan politik atau mungkin tidak berafiliasi secara langsung dengan partai politik. Secara fair PAN membuka kesempatan kepada siapa saja untuk tampil dan ikut dalam kontestasi pemilihan presiden yang akan datang," kata Saleh saat dihubungi di Jakarta, Kamis (14/6/2018).

Saleh pun menegaskan, masyarakat memiliki hak untuk menggugat suatu materi undang-undang yang dinilai bertentangan dengan hak konstisuional mereka ke MK.

Yang paling penting disiapkan adalah, ungkap dia, argumen dan bukti-bukti hukum untuk mengajukan gugatan tersebut. Harapannya, gugatan itu berhasil dan persyaratan menjadi capres dalam pilpres yang akan datang bisa menjadi lebih mudah.

Saleh tidak menampik, perdebatan soal capres dan cawapres agak sedikit hangat belakangan ini, justru karena ada kecenderungan pembatasan terhadap munculnya kandidat-kadidat potensial.

"Presidential threshold yang ditetapkan malah justru hanya memungkinkan lahirnya 2 atau 3 pasangan calon. Dan itu hanya mungkin lahir dari tokoh yang berasal dari parpol atau digodok oleh parpol," tukasnya. (plt)

tag: #presidential-threshold  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
DD X Teropong Senayan
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Renovasi TIM dan Upaya Menutup Ruang Publik

Oleh Muslim Arbi Aktivis Demokrasi
pada hari Selasa, 07 Jul 2020
Taman Ismail Marzuki (TIM) adalah Taman Budaya, Taman Peradaban, Taman Kesusasteraan, Taman Kumpul Para Aktivis. Di sana ada Akademi Seni, ada planetarium, Ruang Orasi, Ruang HB Yassin, Masjid Amir ...
Berita

Soal Kalung Antivirus Corona, DPR Minta Kementan Lakukan Penelitian Mendalam

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Daulay mengatakan kalau kementerian pertanian perlu untuk melakukan penelitian lanjutan terkait dengan kalung antivirus corona yang hendak ...