Berita
Oleh Alfian Risfil pada hari Jumat, 15 Jun 2018 - 13:27:18 WIB
Bagikan Berita ini :

Mendagri Tjahjo: Semoga Spirit Idul Fitri Bisa Memperkuat Ukhuwah Wathaniyah

3JfzjufMxgw_1493244517.jpg.jpg
Mendagri Tjahjo Kumolo (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bagi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Idul Fitri adalah hari istimewa. Hari yang suci, dimana gairah merekatkan kembali tali silaturahmi begitu terasa.

Di Hari Raya Idul Fitri semangatukhuwah Islamiyah atau persaudaraan umat Islam begitu terasa.

Ia berharap, spirit ukhuwah Islamiyah bisa menjadi ukhuwah wathaniyah atau persaudaraan bangsa, dan lebih jauh menjadi ukhuwah basyariyah atau insaniyah (persaudaraan umat manusia).

"Saya sebagai pribadi, dan juga sebagai Mendagri, mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijriah. Minal Aidzin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin," kata Tjahjo, Jakarta, Jumat (15/6/2018).

Tjahjo pun kemudian bercerita tentang kecilnya setiap lebaran tiba. Menurutnya, hari raya I'dul fitri adalah masa yang paling dinanti. Begitu juga sekarang.

Kata dia, ada semacam kerinduan pada asal-usul. Sehingga mudik pun menjadi salah satu simbol atau tradisi, dimana umat Islam selalu merasa ingin pulang ke asal usulnya.

"Idul Fitri adalah momentum kembali ke fitrah. Kembali ke titik nol. Kembali ke kesucian, setelah kurang lebih sebulan diuji dalam bulan Ramadhan. Begitu juga tradisi mudik. Mudik tak lain adalah tradisi dari rasa rindu seseorang kembali ke asal usulnya. Pulang ke kampung halaman, adalah semacam simbolnya," ujar Tjahjo.

Ia berharap, spirit Idul Fitri itulah yang bisa diserap setiap insan. Sehingga kedepan, baik ucap maupun perbuatan benar-benar menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Lebih jauh lagi, semangat hari raya bisa mewarnai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Semangat ukhuwah Islamiyah di Idul Fitri, harus menjadi ukhuwah wathaniyah dan kemudian menjadi ukhuwah insaniyah.

"Idul Fitri bagi saya adalah momen ketika ego pribadi melebur. Yang ada adalah kesadaran sebagai hambanya (Allah). Semua sejajar, duduk sama rendah, sederajat, maka di Idul Fitri, segala perbedaan, ketegangan luruh dalam ucap maaf lahir dan batin. Idul Fitri adalah momentum meneguhkan kembali bahwa kita ini semua bersaudara," tutur Tjahjo.

Thahjo juga bersyukur, prosesi mudik tahun ini berjalan lebih baik dari tahun sebelumnya.

Dia menyebut, lemerintah dari awal berupaya keras agar para pemudik bisa pulang ke kampung halamannya dengan nyaman dan aman.

"Pemerintah tentunya akan terus bekerja keras agar mudik lebaran kali ini bisa berjalan lancar, baik dari sisi keamanan, maupun kelancaran dalam bermudik," katanya.

Pembangunan infrastruktur yang selama ini digenjot pemerintah, menurut politisi PDI-P ini semata-mata agar itu bisa dinikmati masyarakat. Salah satunya, bisa dinikmati saat mudik lebaran. Sehingga para pemudik bisa pulang kampung dengan aman dan nyaman.

Saat disinggung soal tradisi khusus dalam menyambut lebaran, Tjahjo mengaku tidak ada.Ia menyambut lebaran seperti umat Islam lainnya.

Apalagi, saat ini posisinya yang sedang jadi menteri. Sehingga, diakuinya hal itu berkonsekuensi lain. Misalnya, tak bisa pulang kampung.

Ia harus tetap siaga, mendukung pengamanan mudik lebaran.

" Palingan nanti saya keliling, berlebaran dengan seluruh staf. Di Merdeka Utara (kantor pusat Kemendagri. Silahturahmi ke BNPP, Pasar Minggu (Dukcapil dan PMD), ke IPDN, bermaaf-maafan. Saya harus tetap memonitor," katanya.

Terakhir, kata dia, sebagai manusia pastinya dirinya tak lepas dari salah dan khilaf. Sebagai Mendagri, tentunya ia tak bisa memuaskan semua orang.

Karena itu, lanjut Tjahjo, dari lubuk hati paling dalam, dirinya memohon maaf lahir dan batin, atas segala salah dan khilaf, baik yang disengaja maupun tak disengaja.

"Dari lubuk paling dalam saya mohon maaf lahir dan batin. Minal Aidzin Wal Faidzin. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mari kita jaga dan perkuat ukhuwah Islamiyah sehingga menjadi ukhuwah wathaniyah dan insaniyah, " pungkasnya. (Alf)

tag: #mendagri  #lebaran  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement