Berita
Oleh Amelinda Zaneta pada hari Sabtu, 16 Jun 2018 - 08:16:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Kata Bamsoet, Zero Presidential Threshold Justru Picu Kegaduhan

37bamsoet8.jpg
Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) (Sumber foto : ist)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyatakan, ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold nol persen justru akan memicu kegaduhan.

Bamsoet menyatakan hal itu menanggapi gugatan akademisi Rocky Gerung bersama 11 tokoh politik terhadap ketentuan presidential threshold 20 persen. Gugatan judicial review diajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Saya tidak bisa bayangkan, bila MK memutuskan Zero president treshold, maka kegaduhan-kegaduhan akan timbul,” ujar Bamsoet di Rumah Dinasnya, Widia Chandra III, Jakarta Selatan, Jumat (15/6/2018).

Dia berharap ketentuan dalam UU Pemilu yang telah dibahas dan disahkan oleh DPR itu diikuti semua pihak.

“Apa yang sudah diputuskan oleh DPR dan pemerintah itulah yang harusnya kita lakukan untuk meminimize kegaduhan,” tegasnya.

Meski demikian, dia menyatakan, akan menerima segala keputusan yang akan dikeluarkan oleh MK.

“Tapi saran saya apapun keputusan MK kita harus hormati. Saya yakin MK memiliki pandangan yang sama dengan kami bahwa situasi saat ini adalah yang penting, yaitu menciptakan suasana politik yang kondusif,” jelasnya. (plt)

tag: #presidential-threshold  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
DD X Teropong Senayan
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Renovasi TIM dan Upaya Menutup Ruang Publik

Oleh Muslim Arbi Aktivis Demokrasi
pada hari Selasa, 07 Jul 2020
Taman Ismail Marzuki (TIM) adalah Taman Budaya, Taman Peradaban, Taman Kesusasteraan, Taman Kumpul Para Aktivis. Di sana ada Akademi Seni, ada planetarium, Ruang Orasi, Ruang HB Yassin, Masjid Amir ...
Berita

Soal Kalung Antivirus Corona, DPR Minta Kementan Lakukan Penelitian Mendalam

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Daulay mengatakan kalau kementerian pertanian perlu untuk melakukan penelitian lanjutan terkait dengan kalung antivirus corona yang hendak ...