Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Selasa, 19 Jun 2018 - 15:29:04 WIB
Bagikan Berita ini :

Penunjukan Pj Iwan Bule, Pengamat: Karena Peta Politik di JaBar Rentan Potensi Konflik

13e3717bf9b4b1d5044401dd8439f70459.jpg.jpg
Komjen Pol Muhammad Iriawan (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin menilai, ditunjuknya Komjen Pol Iwan Iriawan selaku Penjabat Gubernur Jawa Barat oleh Mendagri Tjahyo Kumolo tidak ada kaitannya dengan kepentingan politik.

Penunjukkan tersebut, kata dia, murni sebagai upaya pemerintah memastikan pesta demokrasi yaitu pilkada berjalan lancar dan tertib.

"Pj Gubernur yang baru dilantik bukan untuk dukung mendukung. Tapi untuk memastikan Pilkada berjalan aman dan damai. Jika Pj Gubernur Jabar tidak netral dan berat sebelah, maka sama saja melukai rakyat JaBar," ujar Direktur Eksekutif Indonesian Political Review (IPR) itu saat dihubungi di Jakarta, Senin (18/06/2018).

Ujang juga meyakini dengan ditunjuknya Iwan Bule sebagai Pj Gubernur JaBar tidak akan mengganggu soliditas parpol pendukung pemerintahan Jokowi."Tidak berpengaruh," kata dia.

Dia yakin, penunjukkan tersebut sudah didasarkan pada peta politik di JaBar itu sendiri yang rentan dengan potensi konflik.

"Jabar itu daerah yang berpotensi rawan konflik. Karena semua kekuatan politik akan bertarung di JaBar. JaBar menjadi lumbung suara nasional. Karena memiliki jumlah pemilih terbesar di Indonesia. Semua kekuatan politik akan bertarung di JaBar. Oleh karena itu berpotensi konflik jika terjadi gesekan," katanya.

Kendati demikian, Ujang dilain sisi menyayangkan keputusan tersebut."Baiknya memang Pj Gubernur jangan dari TNI/Polri. Tapi itulah keputusan pemerintah," ujarnya.

Saat ditanya kapan dan apakah ada contohnya bahwa JaBar adalah daerah dengan kategori rawan potensi konflik saat Pillkada sehingga membutuhkan Pj berlatarbelakang aparat kepolisian.

"Saya bilang berpotensi konflik. Ya tadi. Jika ada kecurangan-kecurangan yang dilakukan oleh salah satu kontestan," katanya. (Alf)

tag: #pilkada-jabar-2018  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement