Jakarta
Oleh Alfian Risfil pada hari Jumat, 22 Jun 2018 - 23:31:26 WIB
Bagikan Berita ini :

Puji Ali Sadikin, Anies Kutip Kitab Nagarakretagama di Paripurna HUT DKI ke-491

407f0f8725aaacd4c53fa01dfa6def0263.jpg.jpg
Gubernur Anies saat menyampaikan pidato dalam Rapat Paripurna Istimewa Memperingati HUT ke-491 Kota Jakarta, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (22/6/2018). (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno bertekadmenjadikan warga Jakarta sebagai raja di tanah sendiri.

Hal ini disampaikan Anies saat menghadiri sidang paripurna di gedung DPRD DKI dalam rangka memperingati HUT DKIke-491.

Sidang paripurna ini digelar di gedung DPRD DKI, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (22/6/2018) sore. Anies dan Sandi kompak mengenakan beskap berwarna hitam.

Sejumlah kepala dinas dan pejabat Pemprov DKI turut hadir dalam sidang ini, salah satunya Sekda DKI Saefullah.

Lima pimpinan DPRD DKI juga hadir, yakni Prasetio Edi Marsudi, Mohamad Taufik, Abraham Lunggana (Haji Lulung), Triwisaksana, dan Ferial Sofyan.

Dalam sambutannya, Anies sempat menyinggung kitab 'Nagarakretagama'. Dalam kitab yang dikarang Empu Prapanca itu, disinggung mengenai cara mengelola suatu daerah.

"Cintailah rakyatmu dan berusahalah memajukan kampungmu! Jembatan, jalan, bangunan, pepohonan, dan tempat peribadatan supaya dibina. Perhatikan tanah rakyat," kata Anies mengutip kitab 'Nagarakretagama'.

"Perhatikan tanah rakyat, jangan sampai jatuh ke tangan petani besar. Agar penduduk jangan sampai terusir dan harus mengungsi ke wilayah tetangga. Tepati segala peraturan untuk membuat kampung bertambah sejahtera," imbuh dia.

Anies mengaku menjadikan pesan tersebut sebagai pedoman dalam memimpin Ibu Kota. Anies ingin pejabat pemerintah di DKI, baik di Pemprov maupun DPRD, bisa bekerja sama dengan masyarakat dalam memecahkan masalah ketimpangan di Jakarta.

"Mari kita buktikan bahwa di Ibu Kota ini para pemimpin dan perwakilan warganya dapat berkomunikasi, berinteraksi, dan bekerja erat dalam memecahkan masalah-masalah bersama, dan dalam keberpihakan kepada mereka yang terugikan," ujar eks Rektor Paramadina iti.

Anies menuturkan HUT DKI ke-491 ini harus menjadi momentum Pemprov DKI untuk meningkatkan kerja sama dengan pemerintah pusat.

Eks Mendikbud itu berharap Jakarta bisa menjadi kota modern dengan masyarakat yang sejahtera.

"Kami pun berharap sinergi dengan pemerintah pusat terus diperkuat, bersama membangun Ibu Kota yang modern dan menjadi kebanggaan di dunia. Jakarta yang adil, maju, dan sejahtera," ucap Anies.

Dalam pidatonya, secara khusus Anies juga memuji kepemimpinan eks Gubernur DKI kharismatik, Ali Sadikin yang pernah memimpin Jakarta mulai tahun 1966-1977.

"Gubernur Ali Sadikin dahulu dikenal karena kepeloporannya dalam membangun, menyusun dan memperkuat institusi-institusi pendukung pemerintahan," jelasAnies.

Anies menambahkan, untuk membangun Jakarta juga diperlukan sinergisitas dan kebersamaan seluruh unsur pimpinan di Ibukota, baik Eksekutif, Legislatif, hingga instansi penegak hukum.

"Kita juga memerlukan dukungan dari komunitas, pakar, akademisi, dan warga itu sendiri. Semua dukungan itu dibutuhkan untuk mewujudkan Jakarta 4.0 seperti yang sedang dicanangkan Pemprov DKI," tandasnya.(Alf)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...