Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Rabu, 04 Jul 2018 - 09:24:12 WIB
Bagikan Berita ini :

Harga BBM Naik, DPR: Pemerintah Harus Menaikkan Subsidi

26herman-khaeron-alus.jpg.jpg
Herman Khaeron (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Herman Khaeron menilai, kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax dan Dexlite menjadi beban bagi masyarakat.

"Jika melihat kondisi daya beli masyarakat saat ini, tentu kenaikan BBM saat ini akan memberatkan kehidupannya," kata Herman saat dihubungi di Jakarta, Rabu (4/7/2018).

Dari awal, lanjut Herman, pihaknya menyangsikan tekad pemerintah untuk tidak menaikkan semua jenis BBM dalam tahun ini. Walaupun DPR telah bersepakat untuk tidak ada kenaikan harga BBM pada tahun ini.

"Situasi kenaikan ICP yang mencapai harga dibatas 70 USD/ barel tentu tidak dapat ditahan, karena jika itu menjadi tanggung jawab pemerintah maka berkonsekwensi untuk menaikkan subsidi, pada sisi lain jika dibebankan kepada korporasi (Pertamina) maka keuangannya akan jebol dan sulit untuk melakukan investasi/pengembangan," paparnya.

Maka itu, Herman meminta, pemerintah lebih transparan dan terbuka kepada publik terkait situasi ini, dan merevisi APBN agar lebih rasional dengan situasi saat ini.

Apalagi nilai tukar rupiah terhadap dolar terus melemah, bahkan mencapai dikisaran Rp 14.400/USD.

"Asumsi ICP di APBN 2018 sebesar 48 USD/barel, dan nilai tukar rupian Rp 13.400/ USD," pungkasnya.(yn)

tag: #hermankhaeron  #wakilrakyat  #harga-bbm  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...