Ketua DPR: Mudah-mudahan Karya Lukis Bernafaskan Islam Dapat Memasyarakat
Oleh Bara Ilyasa pada hari Rabu, 11 Jul 2018 - 21:02:31 WIB

Bagikan Berita ini :

50IMG-20180709-WA0004.jpg.jpg
Sumber foto : Humas DPR RI
Bambang Soesatyo usai membuka pameran "Wajah Seni Lukis Islam Indonesia ke-5" di Gedung Nusantara IV DPR RI, Jakarta, Senin (9/7/2018)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Pameran Lukisan ‘Wajah Seni Lukis Islam Indonesia ke-5’, hasil kerjasama DPR RI dengan Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI).

Baginya, keberadaan lukisan yang bernafaskan Islam, baik kaligrafi maupun non kaligrafi, merupakan sesuatu yang sangat menarik. Dalam pameran ini terlihat keterpaduan karya yang harmonis antara pencapaian artistik spiritual dengan corak kedaerahan yang beragam, sebagaimana Indonesia yang penuh kebhinekaan.

"Selayaknya karya-karya semacam inilah yang terpajang di dinding rumah kita. Insya Allah karya-karya ini akan mewarnai setiap denyut nafas dan langkah para pemiliknya. Mudah-mudahan karya lukis yang bernafaskan Islam ini dapat lebih memasyarakat di segala lapisan," ujar Bamsoet saat membuka pameran ‘Wajah Seni Lukis Islam Indonesia ke-5’ di Gedung Nusantara IV DPR RI, Jakarta, Senin (9/7/2018).

Hadir dalam acara tersebut antara lain Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon, Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto, Duta Besar Sudan untuk Indonesia H.E., Mr. Abdel Rahim Al Siddig Mohamed, Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie, Wakil Rektor UI Dr. Hamid Chalid, serta tokoh nasional sekaligus sejarawan Taufik Abdullah dan para tamu undangan lainnya.

Mantan Ketua Komisi III DPR RI ini menjelaskan, terdapat 80 karya yang ditampilkan oleh 40 pelukis dari 23 daerah yang terlibat dalam pameran tersebut. Seniman yang terlibat antara lain AD Pirous, Amri Yahya, Firdaus Alamhudi, Kamal Guci, Mahjuddin, Rustamadji, Wakidi, dan Yoes Rizal. Menariknya, pameran ini bukan semata kegiatan kebudayaan, melainkan juga kegiatan sosial. Karena sebagian dari hasil pameran lukisan ini akan digunakan oleh ICMI untuk membantu anak bangsa yang masih membutuhkan uluran tangan serta kepedulian sosial bersama.

"Melalui pameran ini, selain sebagai wujud berbagi kasih sayang serta peduli terhadap sesama, saya harap juga mampu mendinginkan suhu perpolitikan di Tanah Air yang sepertinya mulai menghangat. Kita boleh berbeda dalam pilihan politik. Tetapi, kita tidak boleh berbeda dalam semangat kemanusiaan," terang Bamsoet.

Politisi Partai Golkar ini berharap melalui pameran tersebut akan merangsang berbagai pelukis lain untuk lebih aktif berkarya. Sekaligus menjadi pemantik bagi tumbuh dan berkembangnya khazanah seni rupa di Indonesia. 

"Insya Allah, niat baik DPR RI dan ICMI menyelenggarakan pameran lukisan ini akan menjadi stimulus bagi saudara-saudara kita di luar sana. Karena, sesungguhnya kekayaan terbesar yang dimiliki bangsa kita bukan semata karena sumber daya alam maupun bentangan wilayah yang luas saja. Namun, kekayaan yang paling penting terletak pada sumber daya manusia dengan nilai budaya yang adiluhung serta mampu menghasilkan berbagai karya dan menjadi inspirasi bagi sesama," pungkas Bamsoet.(yn)

tag: #dpr  #bamsoet  

Bagikan Berita ini :

Tanggapan Anda atas berita ini?
TSPOLING
Pembaca Teropong Senayan, Yth Perhelatan Pilkada Serentak 2018 sudah usai. Hasil hitung cepat (quick count) lembaga survei telah terpublikasi secara masif. Dari publikasi ini, para pemilih pun mengerti menang atau kalahkah kandidat yang mereka pilih. Pada saat bersamaan, para kandidat capres/cawapres dan partai pendukung ditengarai juga mulai mengatur strategi menyikapi hasil pilkada. Tentu, strategi ini hendak menempatkan hasil pilkada sebagai acuan meraih kemenangan pada Pilpres 2019. Menurut Anda, siapa capres yang diuntungkan oleh hasil Pilkada 2018 :
  • Joko Widodo
  • Prabowo Subianto
  • Calon Alternatif Poros Ketiga
LIHAT HASIL POLING