Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Senin, 16 Jul 2018 - 09:10:46 WIB
Bagikan Berita ini :

BPK Bareng SAO Ceko Gelar Seminar di Praha

34BPK-RI.jpg.jpg
Gedung BPK RI (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Supreme Audit Office of Czech Republic (SAO Ceko) kembali menggelar seminar bersama di Praha, Republik Ceko pada 9-12 Juli 2018.

Dalam pertemuan tersebut, delegasi BPK dipimpin oleh Anggota V BPK, Ir. Isma Yatun, M.T dengan anggota delegasi Juska M. E. Sjam, Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Internasional, Harry Purwaka, Kepala Perwakilan Provinsi Riau, Dwi Sabardiana, Kepala Auditorat Investigasi Keuangan Negara Pusat, dan Rizal Kuncoro Romadhon, Subbagian Kerja Sama Hubungan Bilateral.

Pertemuan tersebut dilakukan sebagai bentuk implementasi kerja sama bilateral, sekaligus merupakan kelanjutan dari pertemuan tahun lalu setelah sebelumnya BPK mendapat kehormatan menerima kunjungan dari SAO Ceko dan Parlemen Ceko pada tahun 2017.

Pada pertemuan kali ini, delegasi BPK didampingi oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Ceko, Aulia A. Rahman, bersama dengan SAO Ceko juga berkesempatan untuk bertatap muka dengan Wakil Ketua Parlemen Ceko, Vojt?ch Filip, dan saling bertukar pengetahuan mengenai peran lembaga audit dan parlemen dalam upaya pemberantasan korupsi.

Dalam diskusi yang berlangsung, Isma Yatun menekankan pentingnya upaya pemberantasan korupsi dengan meningkatkan fungsi pengawasan anggaran yang dimiliki oleh Parlemen, dikolaborasikan dengan pelaksanaan mandat untuk melakukan pemeriksaan oleh lembaga audit. Hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK digunakan oleh Parlemen sebagai alat untuk mengawasi pengelolaan keuangan negara oleh Pemerintah.

Tidak hanya itu, pertemuan kali ini juga membahas upaya-upaya penguatan pengawasan keuangan daerah yang dilakukan oleh badan pemeriksa kedua negara.

Diskusi mengenai hal ini diperkuat dengan melakukan kunjungan secara langsung ke salah satu Kantor Perwakilan SAO Ceko di Pilsen, Republik Ceko.(yn)

tag: #bpk  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...