Harga Sembako Meroket, Kwik Kian: Ini Gila dan Lucu!
Oleh Alfian Risfil pada hari Kamis, 19 Jul 2018 - 13:09:46 WIB

Bagikan Berita ini :

9220180719_130936.jpg
Sumber foto : Alfian/dok.TeropongSenayan
Kwik Kian Gie usai diskusi publik "Kondisi Ekonomi Indonesia Saat Ini" di Kantor Sekber Partai Gerindra, PKS dan PAN di Jakarta, Rabu (18/7/2018) malam.

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ekonom senior Kwik Kian Gie mengkritik pemerintah yang tak mampu menahan meroketnya harga sembako. Beberapa pekan terakhir, harga telur saja sempat mencapai Rp30-32 ribu/Kg.

Mantan Kepala Bappenas ini menjelaskan, tingginya harga pangan di Tanah Air adalah suatu hal yang sangat aneh bin ajaib.

“Itu kan gila, lucu. Bagaimana negara yang tanahnya luas, iklimnya begitu kondusif untuk menanam berbagai tanaman, tapi bisa seperti ini” kata Kwik dalam diskusi publik ‘Kondisi Ekonomi Indonesia Saat Ini’ di Kantor Sekretariat Bersama (Sekber) Partai Gerindra, PKS dan PAN di The Kemuning, Menteng, Jakarta, Rabu (18/7/2018) malam.

Kondisi Indonesia yang sedemikian kaya akan sumber daya alam, lanjutnya, merupakan faktor utama yang membuat Belanda pada masa lalu kepincut menjajah Indonesia.

“Dulu, Belanda itu kaya raya bukan karena teknologi, tapi karena rempah-rempah, perkebunan dan pertanian (Indonesia) yang sampai sekarang masih sangat menguntungkan,” jelas mantan Menko Ekuin era Gus Dur ini.

Sayangnya, menurut dia, hal ini tidak dimanfaatkan secara maksimal oleh pemerintah untuk memperkaya negara guna meningkatkan kesejahteraan rakyatnya.

"Yang terjadi justru sebaliknya, banyak bahan pangan yang diimpor. Hal ini membuat petani kita semakin jauh dari kata sejahtera," ungkapnya.

"Kita sudah merdeka sedemikian lamanya, malah tidak mampu begitu dan statistiknya justru mundur. Semakin lama semakin miskin, sangat kecil produksi pertanian, yang lain diimpor semua,” sesal Kwik. (Alf)

tag: #jokowi  #kementerian-perdagangan  #kementerian-pertanian  

Bagikan Berita ini :

Tanggapan Anda atas berita ini?
TSPOLING

Pembaca TeropongSenayan Yth

Dua pasangan calon (paslon) Pilpres 2019 telah mendaftar ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jakarta, Jumat (10/8/2018). Kedua paslon itu adalah Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Jokowi-Maruf didukung oleh sembilan partai. Yakni PDIP, Partai Golkar, Nasdem, Hanura, PPP, PKB, PSI,Perindo, dan PKPI. Sedangkan Prabowo-Sandiaga didukung oleh empat partai. Yakni Partai Gerindra, PAN, PKS, dan Demokrat.

Dua cawapres, yakni Maruf Amin dan Sandiaga Uno disebut-sebut turut menentukan kemenangan sang capres pada 2019 nanti. Tentu, baik Maruf maupun Sandiaga memiliki kelebihan masing-masing, yang akan diekplorasi habis-habisan guna menarik simpati pemilih.

Nah, jika pilpres dilaksanakan hari ini, siapa yang akan Anda pilih:

  • 1.Joko Widodo-Maruf Amin
  • 2.Prabowo Subianto-Sandiaga Uno
LIHAT HASIL POLING
TSTRENDING