Berita
Oleh Sahlan pada hari Selasa, 24 Jul 2018 - 16:51:02 WIB
Bagikan Berita ini :

Kemenkum HAM Sidak Lapas Eks Presiden PKS, Tifatul Protes

32tifatul-sembiring.jpg.jpg
Tifatul Sembiring (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Anggota Majelis Syuro PKS Tifatul Sembiring memprotes tindakan Kemenkum HAM yang melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke dalam sel tahanan terpidana korupsi dan pencucian uang, Luthfi Hasan Ishaq.

Menurut Tifatul, Sidak tersebut sebagai upaya Kemenkum HAM pengalihan isu dari operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan KPK terhadap Kepala Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Wahid Husein.

"Ini siapa yang mengutus Dirjen ini kemudian menginspeksi mendadak terus ke sel Pak Luthfi. Iya kan? Kok jadi dibalik begitu opininya?" ungkap Tifatul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (24/7/2018).

Menurut Tifatul, jajaran Kemenkumham tampak memindahkan isu dari OTT ke sel mewah. Lucunya, sel mewah yang disidak milik Luthfi yang notabene mantan Presiden PKS.

"Sel yang ditempati oleh Pak Luthfi, itu adalah sel mantan bupati yang meninggal, ada bupati saya lupa namanya. Tapi sel seorang bupati meninggal, maka kalapas, kalapas sebelum ditangkap ini, Bu siapa namanya, memindahkan Pak Luthfi ke sel ini, memang masih ada barang-barang bekasnya," lanjutnya.

Dia memastikan, Luthfi tidak membeli tempat untuk ditempatkan pada sel tertentu. Karena itu dia heran ketika jajaran Kemenhumkam mengarahkan sidak ke sel yang ditempati Luthfi.

"Jadi menurut saya yang perlu dibenahi oleh Menkum HAM, kami juga sudah sering di Komisi III membicarakan ini dengan Menkum HAM, yaitu maraknya narkoba di lapas," ucapnya.

Setelah KPK melakukan OTT, Minggu lalu, Dirjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami melakukan inspeksi mendadak. Hasilnya, masih ditemukan sejumlah tahanan yang menempati sel mewah.

Salah satunya sel tahanan Luthfi Hasan Ishaaq, terpidana 18 tahun penjara dalam kasus korupsi impor daging sapi. Di kamarnya terdapat sejumlah alat olahraga, seperti sepeda statis. Ada juga microwave, sejumlah perlengkapan memasak, dan steamer baju.

Kamar mandinya tak kalah mewah, dengan jet shower dan kloset duduk. Saat tim dari Dirjen Pas mengunjungi selnya, Luthfi Hasan tampak mengenakan kaus abu-abu dan celana putih.(yn)

tag: #kpk  #kemenkumham  #korupsi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement