Berita
Oleh M Anwar pada hari Senin, 06 Agu 2018 - 09:11:56 WIB
Bagikan Berita ini :

TGB: Mari Berdoa Agar Tak Terjadi Gempa Susulan

81tuan-guru-bajang-dukung-jokowi-medan-today.jpg.jpg
Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi (Sumber foto : Istimewa)

MATARAM (TEROPONGSENAYAN)--Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Muhammad Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) menyerukan pihak masjid di Kabupaten Lombok Utara dan sekitarnya untuk menenangkan masyarakat agar tidak panik. Gempa Bumi itu bahkan juga terasa sampai di Pulau Bali.

"Mari kita berdoa agar tidak terjadi gempa susulan," kata dia saat meninjau korban akibat gempa, Minggu (5/8/2018) malam.

Menurutnya, saat ini pihaknya masih terus mengumpulkan informasi khususnya keadaan di Lombok Utara dan berkoordinasi dengan berbagai instansi terkait pascagempa dengan kekuatan 7,0 pada skala Richter.

"Kami sudah berkordinasi dengan semua pihak terkait, baik itu di pusat maupun instansi lainnya terkait musibah gempa yang malam ini menimpa NTB, terutama NTB wilayah utara dan timur," ujarnya.

Seperti yang sudah disampaikan oleh BMKG, agar seluruh warga di wilayah terdampak tidak panik.

"Kepada korban luka, juga kami sudah menginstruksikan kepada dinas terkait agar mengerahkan semua personilnya untuk menyelamatkan korban yang terluka," kata dia.

Selain itu, dia juga menginstruksikan agar semua sekolah di Lombok Utara, Mataram, Lombok Timur, Lombok Barat dan Lombok Tengah untuk diliburkan besok hari (Senin) sambil mengecek keselamatan dan keamanan bangunan sekolah.

"Saya juga menginstruksikan semua tenaga kesehatan di pulau Lombok untuk masuk dan bekerja, memastikan pelayanan kesehatan diberikan maksimal. Semua perangkat BPBD Pemda bersama TNI dan Polri, Badan SAR dan elemen masyarakat lain bekerja malam ini (Minggu) untuk menjangkau daerah yang diperkirakan paling terdampak yaitu Lombok Utara dan Lombok Timur," katanya.

Hingga saat ini, listrik terganggu di beberapa lokasi, sedang diupayakan normal kembali. Jaringan seluler juga terputus di beberapa tempat.

"Sekali lagi, kami mohon doa dari seluruh masyarakat Indonesia," katanya.

Lebih lanjut, pemerintah Provinsi NTB akan memberikan pelayanan pengungsian yang layak bagi para korban yang rumah tinggalnya hancur maupun rusak, dan pelayanan kedaruratan lain-lain untuk menunjang penghidupan pasca gempa hingga tercapainya pemulihan. TNI dan Polri juga memberikan bantuan tenda.

Untuk itu, sekali lagi, lanjut Gubernur, Pemprov NTB mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan menggunakan sumber informasi terpercaya resmi dari BMKG, BNPB, pemerintah daerah, polisi dan pihak berwenang lain.(yn/ant)

tag: #tuan-guru-bajang  #tgb  #gempa-bumi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ini Alasan Pembubaran PT NDK Menutup Kepentingan Pihak Lain

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Nusantara Dua Kawan atau yang disingkat NDK resmi bubar. Pembubaran perusahaan ini sebelumnya sempat ramai di demo oleh sekelompok orang dengan tuduhan dugaan NDK ...
Berita

Cak Imin Ungkap Nasib Anies di Pilkada 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menegaskan Anies Baswedan tidak berminat maju dalam Pilkada 2024. Cak Imin mengatakan pasangannya di Pilpres 2024 itu masih fokus ...