Berita
Oleh Alfian Risfil pada hari Selasa, 21 Apr 2015 - 21:08:14 WIB
Bagikan Berita ini :

Margarito Kamis Dukung BG Jadi Wakapolri

3Margarito (indra).jpg
Pakar Hukum Tata Negara Margarito Kamis (Sumber foto : IndraKusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pakar Hukum Tata Negara Margarito Kamis menyampaikan selamat dan dukungannya atas ditunjuknya Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai Wakapolri.

Menurut Margarito, BG memang pantas menjabat apapun di lingkungan kepolisian setelah sebelumnya dinyatakan gugur dari status tersangka di pra pradilan.

Margarito yakin, dipilihnya BG oleh Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) adalah sesuatu yang normal dan wajar.
"Kalau sudah dipilih atau diajukan oleh Wanjakti, berarti sudah sah secara hukum. Saya yakin, Wanjakti pasti pilih yang terbaik. Tidak mungkin sebaliknya," kata Margarito kepada TeropongSenayan di Jakarta, Selasa (21/4/2015).

Margarito mengatakan, larangan BG sebagai Kapolri yang sempat disuarakan oleh Tim 9 sesungguhnya tidak berdasar. "Apalagi, larangan itu juga disampaikannya saat BG berstatus tersangka," papar dia.

Namun, lanjut Margarito, setelah ada keputusan pra pradilan yang menggugurkan status tersangka BG, maka secara otomatis status BG sudah clear. "Status tersangka beliau (BG) kan sudah gugur. Terus apa lagi," jelas Margarito.

Dengan begitu, lanjut Margarito, Komjen bintang tiga lulusan Akpol tahun 1983 itu berhak menyandang jabatan apapun di lingkungan kepolisian. "Sah-sah saja jika kemudian BG dipercaya dalam jabatan apapun di lingkungan Polri," katanya.

Soal adanya opini miring publik, Margarito menganggap tidak masalah. Karena menurutnya, silang opini dalam negara demokrasi adalah hal biasa.
"Presiden dan Polri tidak perlu risih dengan opini. Karena Indonesia adalah negara hukum," tegas Margarito.

"Jadi, Opini (penolakan) itu biasa, lama-lama pasti hilang sendiri," tandasnya.

Sebelumnya, Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) telah mengantongi satu nama calon Wakapolri. Nama itu muncul sejak Jumat, pekan lalu.

“Ia sudah ada (sejak Jumat),” kata Kepala Bareskrim Polri Komjen Budi Waseso di Mabes Polri, di Jakarta, Selasa (21/4/2015).

Budi memastikan, nama calon Wakapolri sudah disetujui Kapolri Jenderal Badrodin Haiti. Namun, nama tersebut masih dirahasiakan. "Wanjakti sudah putuskan satu nama, nanti yang mengumumkan Pak Kapolri langsung," ujarnya.

Kalangan pers santer menduga satu sosok tunggal yang diajukan Wanjakti itu adalah Komjen Budi Gunawan.(al)

tag: #budi gunawan  #wakapolri  #budi gunawan wakapolri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Peringati May Day 2024, BPJS Ketenagakerjaan Dukung Kesejahteraan Pekerja

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 02 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan, dirinya sangat mendukung upaya-upaya peningkatan kesejahteraan pekerja atau buruh. Hal ini disampaikan ...
Berita

Dave Laksono Hadiri acara Digital and Intelligent APAC Congress 2024 Bangkok

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Di era baru yang terus berkembang, teknologi seperti Al dan Cloud mendorong batasan desain bisnis, meningkatkan produktivitas, dan mentransformasi model bisnis. Ketika ...