Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Rabu, 15 Agu 2018 - 17:47:30 WIB
Bagikan Berita ini :

Pengamat: Dukungan Ahok Bakal Rontokkan Suara Jokowi-Maruf Amin

84jokowimaruf2.jpg
Presiden Joko Widodo bersama Bakal Calon Wakil Presiden Kyai Haji Maruf Amin (Sumber foto : ist)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Direktur Eksekutif Institute for Policy Studies (IPS) Muhamad Tri Andika menegaskan, dukungan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) justru akan merontokkan suara pasangan calon Joko Widodo-Maruf Amin.

Perontokan suara tersebut, kata Andika, terutama dari kelompok umat Islam. Meski demikian, dia menilai, dukungan terbuka Ahok bertujuan untuk meredam kekecewaan pendukung Ahok atas terpilihnya Ma'ruf Amin sebagai pendamping Jokowi.

“Harapannya, suara para pendukung Ahok tidak lari dari Jokowi. Namun, dukungan terbuka Ahok ini sebenarnya mengandung dua risiko bagi pasangan Jokowi-Ma'ruf,” ujar dia kepada wartawan, di Jakarta, Rabu, (15/8/2018).

Partama, risiko elektoral. Menurut Andika, dukungan tersebut mampu menahan larinya suara para Ahoker dari Jokowi. Namun, peluang Jokowi mendapat limpahan suara dari umat Islam, terutama dari yang anti Ahok, menjadi terancam.

“(Apalagi) dipasangkannya Jokowi dengan Ma'ruf Amin sebenarnya membawa sinyal positif dukungan umat Islam kepada pasangan tersebut,” kata dia.

Risiko kedua, adalah manajemen isu. Risiko ini berkaitan dengan posisi Ma'ruf Amin sebagai Ketua Umum MUI yang pernah memperkuat status Ahok sebagai penista agama.

“Terbukanya dukungan Ahok terhadap pasangan Jokowi-Ma'ruf, akan menjadi tantangan tersendiri bagi Jokowi dan juga Ma'ruf. Terutama ketika dihadapkan pada isu seputar Ahok,” ungkap dia.

Di sisi lain, tegas dia, respons dari Jokowi-Ma'ruf, jika tidak hati-hati akan berpengaruh pada publik. Baik berpotensi membuat sakit hati pendukung Ahok, atau kelompok umat Islam yang anti Ahok.

“Ujung-ujungnya berpengaruh ke elektabilitas Jokowi-Ma'ruf. Ini risiko laten yang harus ditanggung Jokowi, ketika dirinya menarik Ma'ruf Amin sebagai pasangannya. Publik menilai, Jokowi terseret jebakan politik identitas, yang kerap dikritik oleh kelompoknya sendiri,” tutup dia. (plt)

tag: #jokowimaruf-amin  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kenakan Kemeja Putih Prabowo-Gibran Tiba di KPU

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 24 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Paslon Capres-Cawapres 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tiba di Gedung KPU RI, Jakarta, Rabu (24/4/2024). Pasangan pemenang Pilpres 2024 itu, sampai di Gedung ...
Berita

KPU Undang Presiden Umumkan Pemenang Pilpres 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berencana mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri langsung penetapan pemenang Pilpres 2024. Rencanannya, acara tersebut ...