Jakarta
Oleh Amelinda Zaneta pada hari Kamis, 30 Agu 2018 - 09:43:38 WIB
Bagikan Berita ini :

LRT Punya Enam Masinis Wanita

81Sadiyah-Utami-LRT-Amel.JPG.JPG
Salah seorang masinis LRT Jakarta, Sadiyah Utami saat berbincang dengan awak media di Stasiun Velodrome, Rawamangun, Jakarta, Rabu (29/8/2018) (Sumber foto : Amelinda Zaneta/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Jakarta Light Rail Transit (LRT) rute Stasiun Velodrome dan Stasiun Kelapa Gading Mall melakukan uji coba untuk umum.

Uji coba LRT yang dilakukan pada Rabu (29/8/2018) itu dioperasikan seorang wanita. Adapun jumlah masinis wanita yang mengoperasikan LRT Jakarta berjumlah enam orang.

Sadiyah Utami, salah seorang masinis wanita menceritakan pengalaman mengoperasikan kereta ringan tersebut.

“Menurut saya lebih menantang aja jadi masinis LRT, biasanya lihat kereta di bawah, ini keretanya di atas,” kata Utami di Stasiun Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (29/8/2018).

Utami mengaku, dia telah melewati berbagai tes sebelum diterima sebagai masinis LRT Jakarta.

“Seleksinya kita kayak perusahaan lain sih kayak tes wawancara, kesehatan, ada tes tulis. Interview ada teknis tentang kereta itu kayak gimana sama ada tentang diri kita sendiri. Masinisnya harus ikut diklat dulu,” paparnya.

Selain itu, Utami menjelaskan perbedaan kereta api commuter dengan LRT. Perbedaan mendasar terletak pada lokomotif dan pengoperasiannya.

“Beda, karena kereta ini listrik kalau biasa itu kan masih menggunakan lokomotif. Kalau ini double cabin jadi kabinnya nyatu sama kereta penumpang. Kalau kereta jarak jauh itu ada lokomotif nya dan ada kereta penumpang. Itu membedakan, untuk sekarang hampir semuanya sudah menggunakan teknologi seperti ini,” jelasnya.

Total 25 masinis yang dipekerjakan di LRT Jakarta. Enam diantaranya wanita dan lima lainnya masinis senior.(yn)

tag: #lrt  #dki-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Anies Perintahkan Hentikan Pembelian Toa Peringatan Dini Banjir

Oleh Rihad
pada hari Jumat, 07 Agu 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mempersoalkan pembelian pengeras suara (TOA) yang difungsikan sebagai sistem peringatan dini banjir (early warning system/EWS). Anies ...
Jakarta

Masih Pandemi, Penyaluran Kredit Bank DKI Tumbuh 8,3 Persen

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Kinerja Bank DKI pada triwulan II 2020 masih tetap terjaga dengan baik, di tengah ketidakpastian ekonomi akibat pandemi Covid-19. Direktur Kredit UMK dan Usaha Syariah ...