Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Jumat, 24 Apr 2015 - 11:17:31 WIB
Bagikan Berita ini :

Indonesia Jadi Pusat Forum Parlemen Asia-Afrika

8tscom-indra-aapg-24415.jpg
Delegasi Konferensi Parlemen Asia-Afrika berfoto bersama dengan Ketua DPR RI Setya Novanto dan Presiden RI Joko Widodo (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)
Teropong Juga:

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Peringatan ke-60 Konferensi Asia-Afrika (KAA) tidak hanya menghasilkan tiga dokumen penting yaitu Pesan Bandung, Penguatan Kemitraan Strategis Baru Asia Afrika, dan Deklarasi Palestina. Perhelatan yang digelar sejak 21 hingga 24 April ini berhasil melahirkan forum kerjasama parlemen negara selatan-selatan yang diberi nama Asian African Parliamentary Group (AAPG).

"Pusatnya ada di Indonesia karena kita sepakat sekretariat (AAPG) akan berada di sini (Indonesia)," kata Ketua DPR RI Setya Novanto (Setnov) usai menutup Kenferensi Parlemen Asia-Afrika, Kamis (23/4/2015) malam.

Kerjasama parlemen antar negara selatan-selatan dinilai sangat strategis sebagai pendukung pemerintah di negara masing-masing untuk merealisasikan berbagai kesepakatan yang dihasilkan dari KAA seperti memperkuat solidaritas antar anggota negara selatan-selatan, mewujudkan perdamaian dan kesejahteraan, dan membebaskan Palestina dari penjajahan.

"Selama ini kan belum pernah ada konferensi parlemen negara selatan-selatan yang menjadi bagian dari KAA. Padahal kerjasa sama antarparlemen itu juga penting," ujar Setya Novanto.

Konferensi Parlemen Asia-Afrika menghasilkan 25 poin kesekapakatan yang ditandatangani oleh 31 delegasi. Kesepakatan tersebut dibingkai dengan kalimat "Towards stronger partnership for world peace and prosperity". (al)

tag: #Konferensi Parlemen Asia-Afrika  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Bersinergi dalam Beragam Aksi Kebaikan, Alumni ITB 1997 Gelar Acara Silaturahmi

Oleh Fath
pada hari Minggu, 05 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) Angkatan 1997 menegaskan kebersamaan dan komitmennya untuk beraksi dalam berbagai bentuk kegiatan positif dalam Temu Kangen Syner97 ...
Berita

Jemaah Haji Kloter Pertama Mulai 12 Mei

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Agama (Kemenag) melaporkan, pemberangkatan perdana jemaah Haji 1445 Hijriah/2024 Masehi pada 12 Mei 2024. Di mana sebanyak 22 kelompok terbang (kloter) akan ...