Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Jumat, 24 Apr 2015 - 17:17:13 WIB
Bagikan Berita ini :

Kanopi Gedung Setjen Rontok, Diduga Akibat Korupsi

84tscom-mulkan-uchok-24415.JPG
Peneliti Centre for Budgeting Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi (Sumber foto : Mulkan Salmun/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Terlepasnya kanopi gedung Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI mengundang tanya dari peneliti anggaran Centre for Budgeting Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi. Uchok mengaku tidak habis pikir dengan pernyataan Sekjen DPR Winatuningtyastiti yang tidak ada anggaran untuk perbaikan kerusakan tersebut.


"Jangan langsung menciptakan opini menyesatkan bahwa ini kecelakaan, atau mungkin mur atau bautnya karatan kena panas, kena hujan," sindir Uchok kepada TeropongSenayan di Jakarta, Jumat (24/4/2015).

Uchok mengaku aneh dan tidak masuk akal bila gedung itu belum ada renovasi. Padahal anggaran pemeliharaan gedung selalu ada setiap tahun.

"Tahun 2014 alokasi anggaran untuk pemeliharaan gedung dan taman sebesar Rp48,7 milyar. Sedangkan tahun 2015 sebesar Rp8,2 milyar," kata Uchok.

Ia curiga ada korupsi anggaran dalam pembangunan gedung tersebut. "Alam lebih tahu dari Kejaksaan, Polisi, dan KPK sehingga dugaan korupsi itu terbongkar," ujarnya.

Menurutnya, andai anggaran itu tidak disunat atau dikorupsi, maka tidak mungkin bisa rontok. Gedung itu akan kuat dan kokoh menghadapi kondisi alam apapun," kata Uchok.

Seperti diberitakan sebelumnya, kanopi gedung Setjen DPR RI terkelupas dari dinding gedung dan hampir jatuh. Diduga kanopi itu tidak tahan menghadapi angin kencang. Sedangkan Sekjen DPR RI Winatuningtyastiti menyatakan bahwa kejadian itu merupakan kecelakaan yang dimungkinkan akibat baut atau mur kanopi itu karatan. (al)

tag: #kanopi gedung DPR RI  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement