Jakarta
Oleh Bara Ilyasa pada hari Jumat, 07 Sep 2018 - 19:59:12 WIB
Bagikan Berita ini :

Melalui Voting, Jagoan Gerindra Lebih Berpeluang Jadi Wagub

63IMG-20180907-WA0086.jpg.jpg
Amir Hamzah (kanan) dalam diskusi publik bertajuk 'Siapa Pantas Gantikan Sandi? PKS Menekan, Gerindra Melawan' di RM Andalas, Jakarta Selatan, Jumat (7/9/2018). (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pengamat Kebijakan Publik dari Budgeting Metropolitan Watch (BMW), Amir Hamzah menyatakan, pemilihan Wakil Gubernur DKI pengganti Sandiaga Uno harus melalui voting di DPRD DKI.

Hal tersebut, menurut Amir, diatur dalam Pasal 78 UU Nomot 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Pasal 176 UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah. Dimana, tiap partai pengusung akan mengajukan satu nama, setelah itu nama tersebut dibawa ke Paripurna DPRD DKI untuk dipilih melalui mekanisme voting.

"Voting minimal dihadiri 2/3 anggota DPRD. Artinya cukup punya 39 suara, salah satu calon wagub sudah bisa menang," kata Amir dalam diskusi publik bertajuk 'Siapa Pantas Gantikan Sandi? PKS Menekan, Gerindra Melawan' di RM Andalas, Jalan DR Sahardjo, Jakarta Selatan, Jumat (7/9/2018).

Hadir juga sebagai pembicara Ketua Aliansi Masyarakat Jakarta (Amarta) M Rico Sinaga, Ketua Forum Dewan Kota se-DKI Jakarta Ferry Iswan, dengan moderator Fariz Maulana Akbar dari Megapolitan Strategis Indonesia.

Amir menjelaskan, dengan mekanisme voting, dipastikan kans atau peluang Gerindra lebih besar dibandingkan PKS, mengingat wakil Gerindra di DPRD DKI lebih banyak dibanding PKS.

Gerindra saat ini menempatkan 15 wakilnya di DPRD, sedangkan PKS hanya memiliki 11 kursi DPRD.

"Dengan demikian Partai Gerindra tinggal mencari tambahan 24 suara supaya jagoannya menang. Karena Gerindra saat ini menempatkan 15 wakilnya di DPRD. Sedangkan PKS baru punya modal 11 kursi DPRD," ungkap Amir.

Untuk diketahui, sejauh ini ada dua nama calon Wagub DKI yang muncul dari PKS, yakni Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera dan mantan anggota DPRD DKI, Nurmansjah Lubis. Sementara dari kubu Partai Gerindra, bulat mendukung nama Ketua DPD Gerindra yang juga Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Mohamad Taufik. (Alf)

tag: #partai-gerindra  #sandiagauno  #pks  #pemprov-dki  #dki-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...