Berita
Oleh Enjang Sofyan pada hari Kamis, 27 Sep 2018 - 17:07:28 WIB
Bagikan Berita ini :

Komisi V Minta Konstruksi Pembangunan Terminal Peti Kemas Kalibaru Diinvestigasi

75rahmat-hamka.jpg.jpg
Rahmat Hamka (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Proyek pembangunan Terminal Peti Kemas Kalibaru atau New Priok Container Terminal 1(NPCT1) terancam gagal konstruksi. Hal itu berdasarkan audit investigatif Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Menanggapi hal itu, anggota Komisi V DPR Rahmat Hamka Nasution menyatakan, perlu dilakukan investigasi konstruksi pembangunan Terminal Peti Kemas Kalibaru.

“Jadi investigasi harus dilakukan oleh tim khusus yang terdiri dari orang-orang profesional yang tersertifikasi,” kata Rahmat di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (26/9/2018).

Menurut dia, dengan adanya investigasi konstruksi tersebut maka proyek tersebut bisa diputuskan lanjut atau tidaknya.

“Pasti kan tim ini punya pertimbangan apalah proyek ini lanjut dengan catatan harus ada rekonstruksi atau tidal dilanjutkan sama sekali karena menyebabkan kerugian negara yang semakin banyak,” papar dia.

Sebenarnya, ucap Rahmat, PT Lapi ITB juga sudah melakukan investigasi terhadap proyek tersebut. Pada survei investigasi design dan pekerjaan pre design ditemukan masalah antara lain tenaga ahli yang bekerja tidak sesuai kontrak sehingga terjadi kelebihan pembayaran sekitar Rp 393,85 juta.

Sedangkan dari hasil pemeriksaan BPK, ditemukan beberapa penyimpangan pada tahap penganggaran, perencanaan, dan pelaksanaan konstruksi.

Pada tahap penganggaran, BPK menemukan tidak ada sinkronisasi kerja antara Rencana Kerja Perusahaan (RKP) dan Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP).

Rahmat menambahkan, kalau sudah ditemukan perbedaan antara perencanaan awal dengan pengerjaannya maka sebaiknya proyek ini perlu dihentikan.

“Aparat sudah bisa memasang police line untuk investigasi lebih lanjut terhadap proyek itu,” jelas dia.(yn)

tag: #kasus-pelindo-ii  #dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement