Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Senin, 01 Okt 2018 - 14:04:47 WIB
Bagikan Berita ini :

Gubernur Anies Minta Pancasila Tak Hanya Dijadikan Jargon

7664c5619b-1600-4a5d-8699-e26f921eef41_169.jpeg.jpeg
Anies Baswedan (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut ideologi pancasila tak cukup hanya dijadikan sebagai jargon belaka.

Tetapi, menurut Anies, memaknai ancasila harus bisa mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh warga negara.

"Bukan hanya sekedar memandang sebagai ideologi saja. Pancasila harus dimaknai sebagai ideologi yang bisa mewujudkan keadilan sosial," kata Anies saat menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monas, Senin (1/10/2018).

Menurut Anies, keadilan sosial merupakan tujuan yang telah digariskan oleh pancasila itu sendiri dan merupakan akhir tujuan dari hadirnya negara Indonesia.

Hal itu, lanjutnya, jelas tertuang dalam sila ke lima pancasila yang berbunyi 'Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia'.

Anies menilai, apabila keadilan sosial bisa dihadirkan di Indonesia khususnya Jakarta, maka pancasila bukan hanya sekedar teks yang dibacakan saja.

Melainkan hidup dalam kenyataan sehari-hari dan melekat disetiap benak masyarakat.

"Karena itu, tantangannya kesaktian Pancasila sekarang harus bisa kita semua buktikan dengan menghadirkan keadilan. Insya Allah itu juga yang menjadi fokus perhatian di Jakarta," terang mantan Mendikbud itu.

"(Karenanya) Kita ingin menghadirkan keadilan sosial di Jakarta, dan bila itu hadir maka pancasila hidup senyatanya dalam kenyataan masyarakat, bukan semata-mata sebagai teks yang dibaca dalam upacara, tapi sebagai kenyataan yang kita rasakan," ucap Anies. (Alf)

tag: #pancasila  #anies-baswedan  #pemprov-dki  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement