Lagi, Pemprov DKI Kirim 9 Truk Logistik untuk Korban Gempa Palu-Donggala
Oleh Alfian Risfil pada hari Rabu, 10 Okt 2018 - 16:40:57 WIB

Bagikan Berita ini :

4320181010_162738.jpg.jpg
Sumber foto : Ist
Gempa Palu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Setelah mengirimkan bantuan pada gelombang pertama pada Senin (8/10/2018) kemarin, Pemprov DKI Jakarta kembali mendistribusikan bantuan untuk korban Gempa dan tsunami Palu-Donggala, Sulawesi Tengah, pada Kamis (10/10/2018) dini hari. 

Ketua Tim Relawan Logistik Pemprov DKI Jakarta untuk Palu, Muhammad Chozin Amirullah mengatakan, bantuan logistik tersebut dikirim mulai dari pukul 22.00 WIB malam dengan melibatkan sekitar 20 orang relawan dan 100 orang Satpol PP Provinsi DKI Jakarta serta Pamdal Balaikota Provinsi DKI Jakarta. Total logisitik dimuat ke dalam dus sebanyak 2.200 dus.

“Awalnya, Satpol PP yang terlibat hanya 20 orang, namun karena jumlah logistik sangat banyak, akhirnya didatangkan tambahan dari beberapa wilayah DKI sehingga berjumlah total 100 orang. Termasuk para Satpol PP itu juga membantu mengkategorikan setiap jenis bantuan. Dari mereka, kita juga dapatkan bantuan sembilan truk (engkel) besar untuk mengangkut logistik ke pelabuhan,” jelas Chozin dalam keterangannya.

Chozin menambahkan, proses pemuatan (loading) barang ke truk tersebut berlangsung hingga pukul 03.00 WIB dini hari, lalu diberangkatkan menuju Pelabuhan Tanjung Priok. “Kami dapat info dari PMI bahwa akan ada pemberangkatan kapal feri dari Tanjung Priok menuju Palu pada Rabu (10/10/2018) pukul 10 pagi. 

Akhirnya, langsung kita hubungi dan konsolidasikan baik di relawan maupun internal Pemprov DKI Jakarta. Untuk mempercepat loading, baik relawan dan Satpol PP, kita jadi buruh panggul di pelabuhan,” jelasnya.

Diperkirakan, lama tempuh pengiriman ini memakan waktu hingga 3-4 hari. Setiba di Palu, distribusi logistik akan dibantu oleh lembaga kemanusiaan yang terlibat kerjasama oleh Pemprov DKI, yaitu Komunitas Turun Tangan, Youth Power Indonesia, Rumah Zakat, Dompet Dhuafa, Aksi Cepat Tanggap (ACT), dan Palang Merah Indonesia (PMI). Chozin juga menyampaikan bantuan logistik tidak hanya dari internal SKPD Pemprov DKI Jakarta, tetapi juga berasal dari masyarakat dan swasta.

Adapun logistik yang dikirimkan sebagian besar yaitu makanan dan kebutuhan perempuan serta bayi. Di antaranya, pembalut, popok, biskuit, susu, selimut, handuk, dan sebagainya. (Alf/PPID DKI)

tag: #pemprov-dki  #gempa-bumi  #tsunami  

Bagikan Berita ini :

Tanggapan Anda atas berita ini?
TSPOLING

Pembaca teropongsenayan.com yth.

Polemik Ratna Sarumpaet, dalam waktu sekejap, membuka mata-telinga dan mengejutkan banyak kalangan. Termasuk mata dan telinga para politisi.

Setelah polisi membuktikan kebohongan Ratna, dan yang bersangkutan juga mengaku berbohong, polemik pun semakin kencang. Di sisi lain, beberapa kalangan menengarai polemik kebohongan Ratna berimplikasi terhadap elektabilitas pasangan calon (paslon) peserta Pilpres 2019. Yakni Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Menurut Anda, seperti apa dampak dari implikasi tersebut:

  • 1. Berpengaruh positif terhadap Joko Widodo-Maruf Amin
  • 2. Berpengaruh positif terhadap Prabowo Subianto-Sandiaga Uno
  • 3. Tidak berpengaruh terhadap masing-masing paslon
LIHAT HASIL POLING
TSTRENDING