Jakarta
Oleh Alfian Risfil pada hari Rabu, 10 Okt 2018 - 16:40:57 WIB
Bagikan Berita ini :

Lagi, Pemprov DKI Kirim 9 Truk Logistik untuk Korban Gempa Palu-Donggala

4320181010_162738.jpg.jpg
Gempa Palu (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Setelah mengirimkan bantuan pada gelombang pertama pada Senin (8/10/2018) kemarin, Pemprov DKI Jakarta kembali mendistribusikan bantuan untuk korban Gempa dan tsunamiPalu-Donggala, Sulawesi Tengah, pada Kamis (10/10/2018) dini hari.

Ketua Tim Relawan Logistik Pemprov DKI Jakarta untuk Palu, Muhammad Chozin Amirullah mengatakan, bantuan logistik tersebut dikirim mulai dari pukul 22.00 WIB malam dengan melibatkan sekitar 20 orang relawan dan 100 orang Satpol PP Provinsi DKI Jakarta serta Pamdal Balaikota Provinsi DKI Jakarta. Total logisitik dimuat ke dalam dus sebanyak 2.200 dus.

“Awalnya, Satpol PP yang terlibat hanya 20 orang, namun karena jumlah logistik sangat banyak, akhirnya didatangkan tambahan dari beberapa wilayah DKI sehingga berjumlah total 100 orang. Termasuk para Satpol PP itu juga membantu mengkategorikan setiap jenis bantuan. Dari mereka, kita juga dapatkan bantuan sembilan truk (engkel) besar untuk mengangkut logistik ke pelabuhan,” jelas Chozin dalam keterangannya.

Chozin menambahkan, proses pemuatan (loading) barang ke truk tersebut berlangsung hingga pukul 03.00 WIB dini hari, lalu diberangkatkan menuju Pelabuhan Tanjung Priok. “Kami dapat info dari PMI bahwa akan ada pemberangkatan kapal feri dari Tanjung Priok menuju Palu pada Rabu (10/10/2018) pukul 10 pagi.

Akhirnya, langsung kita hubungi dan konsolidasikan baik di relawan maupun internal Pemprov DKI Jakarta. Untuk mempercepat loading, baik relawan dan Satpol PP, kita jadi buruh panggul di pelabuhan,” jelasnya.

Diperkirakan, lama tempuh pengiriman ini memakan waktu hingga 3-4 hari. Setiba di Palu, distribusi logistik akan dibantu oleh lembaga kemanusiaan yang terlibat kerjasama oleh Pemprov DKI, yaitu Komunitas Turun Tangan, Youth Power Indonesia, Rumah Zakat, Dompet Dhuafa, Aksi Cepat Tanggap (ACT), dan Palang Merah Indonesia (PMI). Chozin juga menyampaikan bantuan logistik tidak hanya dari internal SKPD Pemprov DKI Jakarta, tetapi juga berasal dari masyarakat dan swasta.

Adapun logistik yang dikirimkan sebagian besar yaitu makanan dan kebutuhan perempuan serta bayi. Di antaranya, pembalut, popok, biskuit, susu, selimut, handuk, dan sebagainya. (Alf/PPID DKI)

tag: #pemprov-dki  #gempa-bumi  #tsunami  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...